Keseharian Muslim


bs15034.jpgBeberapa waktu yang lalu seorang rekan dikantor mengirimkan e-mail, salah satu isinya memuat tentang keseharian muslim yang mungkin diringkas dari karya seorang ulama. Begitu saya baca sangat menginspirasi dan mereminding diri saya, untuk senantiasa mengisi waktu keseharian sesuai dengan tuntunan aturan islam. Waktu hidup yang suatu saat pasti  akan dicabut oleh Yang memberikan amanah hidup ini. Semoga dapat memberikan hikmah dan pengingat bagi yang membaca.

KEEP THE FAITH  :) .

“Saudaraku… Dengan penuh pengharapan bahwa kebahagiaan dunia dan akhirat yang akan kita dapatkan, maka kami sampaikan risalah yang berisikan pertanyaan-pertanyaan ini ke hadapan Anda untuk direnungkan dan dijawab dengan perbuatan. Pertanyaan-pertanyaan ini sengaja kami angkat ke hadapan Anda dengan harapan yang tulus dan cinta karena Allah Subhanahu wa Ta’ala supaya kita bisa mengambil manfaat dan faedah yang banyak darinya, di samping itu sebagai bahan kajian untuk melihat diri kita, sudah sejauh mana dan ada di mana posisinya selama ini. Saudaraku… Risalah ini dinukilkan dari buku saku yang sangat bagus dan menawan yaitu Zaad Al-Muslim Al Yaumi (Bekalan Muslim Sehari-hari) dari hal. 51-55, bab Hayatu Yaumi Islami yang diambil dari kitab Al Wabil Ash-Shoyyib oleh Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah dan diterjemahkan oleh saudara kita Fariq Gasim Anuz semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalasnya dengan pahala dan surganya. Kehidupan Sehari-hari yang Islami :

 1.Apakah Anda selalu shalat Fajar berjama’ah di masjid setiap hari?

2.Apakah Anda selalu menjaga shalat yang lima waktu di masjid?

3.Apakah Anda hari ini membaca Al Qur’an?

4.Apakah Anda rutin membaca dzikir setelah selesai melaksanakan shalat wajib?

5.Apakah Anda selalu menjaga shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat wajib?

6.Apakah Anda (hari ini) khusyu dalam shalat, menghayati apa yang Anda baca?

7.Apakah Anda (hari ini) mengingat mati dan kubur?

8.Apakah Anda (hari ini) mengingat hari kiamat, segala peristiwa dan kedahsyatannya?

9.Apakah Anda telah memohon kepada Allah Subhana wa Ta’ala sebanyak 3 kali, agar memasukkan Anda ke dalam surga? Maka sesungguhnya barangsiapa yang berbuat demikian, surga berkata: “Wahai Allah Subhana wa Ta’ala masukanlah ia ke dalam surga.”

10.Apakah Anda telah meminta perlindungan kepada Allah Subhana wa Ta’ala agar diselamatkan dari api neraka sebanyak 3 kali? Maka sesungguhnya barangsiapa yang berbuat demikian, neraka berkata: “Wahai Allah, peliharalah dia dari api neraka.” (Berdasarkan hadits Rasulullah Shalallahu ‘alayhi wasallam yang artinya: “Barangsiapa yang memohon surga kepada Allah sebanyak 3 kali, surga berkata: “Wahai Allah, masukanlah ia ke dalam surga.” Dan barangsiapa yang meminta perlindungan kepada Allah agar diselamatkan daria api neraka sebanyak 3 kali, neraka berkata: ”Wahai Allah, selamatkanlah ia dari neraka.” –Hadits riwayat Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih al Jami No.911 Jilid 6).

11.Apakah Anda (hari ini) membaca hadits Rasulullah Shalallahu ‘alayhi wa sallam?

12.Apakah Anda pernah berpikir untuk menjauhi teman-teman yang tidak baik?

13.Apakah Anda telah berusaha untuk menghindari banyak tertawa dan bergurau?

14.Apakah Anda (hari ini) menangis karena takut pada Allah Subhana wa Ta’ala?

15.Apakah Anda selalu membaca dzikir pagi dan sore?

16.Apakah Anda (hari ini) telah memohon ampunan kepada Allah Subhana wa Ta’ala atas dosa-dosa (yang telah Engkau perbuat)?

17.Apakah Anda telah memohon kepada Allah Subhana wa Ta’ala dengan benar untuk mati syahid? Karena sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ‘alayhi wa sallam telah bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan benar untuk mati syahid, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan kedudukan sebagai syuhada meskipun ia meninggal di atas tempat tidur.” (Hadits Riwayat Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam shahihnya, Al Hakim dan ia menshahihkannya).

18.Apakah Anda telah berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar ia menetapkan hati Anda atas agama-Nya? Apakah Anda telah mengambil kesempatan untuk berdo’a kepada Allah Subhana wa Ta’ala di waktu-waktu yang mustajab?

19.Apakah Anda telah membeli buku-buku agama Islam untuk memahami agama? (Tentu dengan memilih buku-buku yang sesuai dengan pemahaman yang dipahami oleh para shahabat Nabi Shalallahu ‘alayhi wa sallam, karena banyak juga buku-buku Islam yang tersebar di pasaran justru merusak pemahaman Islam yang benar-pent).

20.Apakah Anda telah memintakan ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk saudara-saudara mukminin dan mukminah? Karena setiap mendoakan mereka Anda akan mendapat kebajikan pula.

21.Apakah Anda telah memuji Allah Subhana wa Ta’ala (dan bersyukur kepada-Nya,pent) atas nikmat Islam?

22.Apakah Anda telah memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala atas nikmat mata, telinga, hati dan segala nikmat lainnya?

23.Apakah Anda hari ini telah bershadaqah kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkannya?

24.Apakah Anda dapat menahan marah yang disebabkan urusan pribadi, dan berusaha marah karena Allah Subhana wa Ta’ala saja?

25.Apakah Anda telah menjauhi sikap sombong dan membanggakan diri sendiri?

26.Apakah Anda telah mengunjungi saudara se-agama, ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala?

27.Apakah Anda telah menda’wahi keluarga, saudara-saudara, tetangga dan siapa saja yang ada hubungannya dengan diri Anda?

 28.Apakah Anda termasuk orang yang berbakti kepada orang tua?

29.Apakah Anda mengucapkan “Inna Lillahi wa inna ilayhi raji’uun” jika mendapat musibah?

30.Apakah Anda hari ini mengucapkan do’a ini: “Allahumma inii a’udzubika an usyrika bika wa anaa a’lamu wastaghfiruka lima la’alamu (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan Engkau sedangkan aku mengetahui, dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui).” Barangsiapa yang mengucapkan yang demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menghilangkan darinya syirik besar dan syirik kecil (Lihat Shahih Al Jami’ No. 3625).

31.Apakah Anda berbuat baik kepada tetangga?

32.Apakah Anda telah membersihkan hati dari sombong, riya, hasad dan dengki?

33.Apakah Anda telah membersihkan lisan dari dusta, mengumpat, mengadu domba, berdebat kusir dan berbuat serta berkata-kata yang tidak ada manfaatnya?

34.Apakah Anda takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam hal penghasilan, makanan dan minuman, serta pakaian?

35.Apakah Anda selalu bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan taubat yang sebenar-benarnya di segala waktu atas segala dosa dan kesalahan?

Saudaraku… Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas dalam perbuatan agar kita menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat, insya Allah.

2 thoughts on “Keseharian Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s