Siemens ME45 makin tua makin dicari


Yang menjadi awal ketertarikan terhadap hand set Siemens ME45 adalah saat menonton film spionase, Bourne Supremacy (sequel dari film Bourne Identity) tahun 2004. Saat itu ada adegan Jason Bourne (diperankan Matt Damon) melakukan duplikasi sim card GSM lawan dengan menggunakan alat tertentu kedalam hand setnya..Siemens ME45. Wow…pikirku dalam hati, yang saya tahu Siemens ME45  adalah produk lawas, diluncurkan tahun 2001 tapi masih digunakan saai itu (gak tahu juga apakah siemens menjadi sponsor film ini). Yang jelas saat itu Siemens ME45 sudah discontinue.

 

Iseng-iseng mencoba googling mencari tahu Siemens ME45 ternyata banyak sekali hasil review ataupun pengalaman yang positif tentang produk siemens yang satu ini. Bahkan temanku yang pernah bekerja disalah satu provider GSM Indonesia pernah bilang..engineer-engineer dari Jerman yang pernah datang ketempatnya bekerja untuk melakukan service, masih menggunakan hand set Siemens ME45..wah boleh juga nih.

 

 

Saat itu aku menggunakan hand set Ericsson R310, handset outdoor yang biasanya dijuluki  “sirip hiu”, dengan bentuk yang kokoh disertai antenna eksternal yang dibalut karet khusus, menjadikannya memiliki keunikan tersendiri.

 

Saat hand set Ericsson-ku “nginap”ditempat service dan aku memerlukan hand set pengganti segera agar teman-temanku tidak pada complaint susah ngehubungi. Jadilah aku hunting handset lagi dan dari awal dicoba untuk dapat Siemens ME45.

 

Di BEC ternyata cukup sulit juga dapet Siemens ME45, setelah bolak-balik keliling 3 lantai dan hampir nyerah mau nyari jenis lainnya..tiba-tiba sekilas tertangkap hand set incaran. Siemens ME45 warna abu-abu (safari grey) dengan dus, charger, cd tanpa kabel data, kondisi mulus walaupun keypadnya ada codet. Setelah adu tawar jadilah aku membeli Siemens ME45.

 

Kesan pertama dari handset ini adalah bobot dan ukuran yang ideal untuk sebuah handset, tidak terlalu berat dan tidak terlalu besar. Pas digenggaman. Layar walaupun masih monokrom-hitam putih tapi memiliki lebar yang mampu menampilkan lima baris teks. Menu masih standar dengan tampilan khas Siemens yang menurutku user friendly. Tipe ME45 merupakan desain outdoor dilengkapi dengan desain casing yang kokoh dari bahan polimer yang tangguh ditambah dengan rubber seal pada bagian baterai untuk menjaga air yang masuk.

 

Ciri khas produk ini adalah menggabungkan fitur-fitur office dalam handset yang bernuansa out door yang tangguh J.

 

Setelah satu tahun menggunakan ME45 abu-abu ini, aku masih penasaran untuk mendapatkan ME45 yang warnanya hitam…bukan apa-apa cuma penampilannya itu  terlihat lebih Bold.

 

Selama beberapa minggu aku rajin survey ke BEC dan ternyata gak ada yang jual Siemens ME45 hitam. Ternyata tipe Siemens ini sangat-sangat langka, gak tahu diproduksinya sedikit atau memang pemakai pertamanya jarang  yang menjualnya kembali sebagai barang second.

 

Finally in D-day secara kebetulan ternyata ada yang jual ME45 black dengan kondisi masih mulus. Setelah melobi cukup alot jadilah ME45 abu-abuku ditukar tambah dengan ME45 yang hitam.

 

 

Sebelumnya agak aneh melihat tampilannya sedikit berbeda dari punyaku sebelumnya. Ternyata oh ternyata yang aku dapatkan adalah ME45 yang sudah dimodifikasi software-nya istilahnya di-flashing jadi berbeda dengan ME45 yang semula. Hasil modifikasi tersebut disebut-sebut sebagai ME45i. Salah satu tanda yang mencolok adanya fitur e-mail client pada menu Massage.

 

Untuk kemampuan teknis jika dilihat sekarang sebetulnya handset ini tidak ada apa-apanya. Tapi jika melihat sejarahnya, tipe ME45 ini merupakan seri hand set out door siemens yang termasuk tipe awal yang mendukung GPRS (global packet radio service). Dengan adanya fitur ini memungkinkan kita untuk memanfaatkan koneksi data, browsing di internet di hand set kita. Fitur-fitur wap internet memberikan kegunaan mencari informasi secara praktis melalui google, atau cek e-mail di yahoo. Walaupun tampilannya sangat sederhana karena baru mendukung wap 1.2 tapi saya merasa fitur ini sangat berguna sekali di perjalanan.

 

Fitur EMS (enhanced massage service), kalender, note merupakan fitur-fitur lainnya yang sangat membantu aktifitas, disamping kapasitas penyimpanan phone book dan address book yang cukup besar menjadikan hand set ini tipe hand set bisnis yang berbalut tampilan out door.

 

Transfer data nirkabel melalui infra merah (Irda) sangat berguna untuk transfer data phonebook, gambar.

 

Fungsi lainnya yang sangat berguna sekali, ME45 dapat dijadikan modem internet pada komputer personal atau note book. Dengan bermodal hand set ini serta kartu GSM IM3, saya sudah mendapatkan koneksi internet di komputer yang lumayan  (jangan dibandingkan dengan transfer data 3G atau internet menggunakan modem HSDPA J ). Dengan kecepatan akses internet dial up via Modem ME45 sangat  membantu saya untuk connect ke internet di rumah, untuk  cek e-mail, googling serta posting tulisan dalam blog.

 

Setelah menggunakan “gadget klasik” ini selama 3 tahun saya tambah suka  gadget ini, simple but reliable. Semoga dapat terus awet menemani setiap aktifitas J.

 

Berikut informasi teknis  siemens ME45

           

Jaringan             :           GSM Networks

Berat                 :           99 Grams

Tipe casing         :           klasik, candy bar.

Tahun peluncuran:          2001

Ukuran               :           109x46x21 mm

Resolusi              :           101×80 monokrom

 

 

Kode rahasia hand set Siemens     

Software version:

*#06#

to see more info, press softkey again

English menu:

*#0001#

Deutsch menu:

*#0049#

Secret Code:

*#0606# remove sim card before

Unlock Sim:

*#0003*(secret code)#

Bonus Screen:

*12022243121

Factory settings: Type *#9999# to reset factory settings.(not tested).

50 thoughts on “Siemens ME45 makin tua makin dicari

  1. Wow? ternyata pengguna siemen ME45 cukup banyak bahkan sekarang di cari, ini sungguh keunikan tersendiri bagi siemen.. tapi sayangnya para pengguna hanya memanfaatkannya sebagai bisnis yang berujung persaiangan.
    Bagaimana mencegah hal tersebut… terima kasih

  2. hape ME45 ini bukan punya mas Wagiyo lho he2….jika masih suka cari lagi aja mas yang second🙂

  3. Halo mas Sukri salam kenal terimakasih dah mampir..iya penggemar hape siemens klasik masih banyak bahkan ada komunitasnya juga, temen saya masih ada yang pake SIEMENS S45, SIEMENS C45, mungkin klo sudah suka tidak ada batasan usia produk..kayaknya ME45 ini akan terus saya pakai🙂

  4. Coba lihat film Bourne Supremacy Mas Sukri, ada adegan menduplikasi sim card pada SIEMENS ME45,

  5. Makasih postingnya. Sangat berguna. Terakhir pake siemens tahun 2006, m55 yang hilang di tempat wudhu sebuah mushola. Sempet gunta ganti pake nokia, samsung dan lg. Tapi tidak ada yang bisa mengantikan keasyikan ngoprek ‘kerumitan’ menu siemens. Akhirnya kemarin, senin dapat me45 di pinggir jalan astana anyar bandung. Cuma Rp 150 ribu. Benar benar masih mulus. Ini memang sebuah anugrah.

  6. salam kenal mas kilo…penggemar siemens juga, siemens M55 juga desainnya outdoor, dijuluki “scorpio”…wah beruntung banget dapet me45 dengan harga segitu, sangat jarang sekarang, dapatnya yang safari grey (abu-abu) atau yang hitam ?….selamat mengeksplore mas siemensnya…sebagai modem internet untuk komputer, me45 dapat juga diandalkan

  7. ME 45 ku sdh sekarat nih.
    Mur pengunci di belakangnya hilang,
    akibatnya layar jadi susah untuk terbaca, kecuali keypad ditekan kuat2.
    Gmn cara mengatasinya ya?
    Ada usulan?

  8. hi, salam kenal..
    wah untuk masalah per “hardware”an saya kurang tahu juga, tapi coba aja survey atau tanya-tanya ketempat service phone cell kali aja mereka bisa memperbaiki dengan suku cadang siemens. Dulu saya pernah rusak juga lcd ME45 jadinya pecah-pecah tampilannya, alhamdullh bisa baik lagi..G’luck ya

  9. pake Me 45..udah jalan 6 taun, masih utuh
    pake M65 udah jalan 4 taun..hiks…casingnya dah retak
    ….
    ada yang tau cari part ori nya dimana??

  10. wow mantap mas..salut siemens mania juga, mungkin agak langka casing M65 karena bahan polymernya lebih kokoh, kebetulan saya juga pake siemens M65 dah 1 tahun, masih OK walaupun dah kucel he2… mas tinggal di bandung ? sudah coba hunting di BEC atau BeeMall ?

  11. hiks,
    siemens S45i ku dah rusak, suka mati mendadak plus chargernya putus blm baterenya dah drop…dah kukulilingan di bandung mah ga ada yang bisa benerin….,
    kalo di kota lain ada ga yang bisa benerin ?
    the cause is terjun bebas waktu nyobain offroad pake delman di cibaligo, ada saran dulur-dulur ?

  12. Asslkm, Bro Faith..coba aja ke tempat service didaerah holis, dekat RM Baso Panghegar, Don Cell, lumayan bagus..jadi promosi ginih, pernah dua kali ngebetulin hape, alhamdulillah jalan lagi

  13. salam kenal,

    saya penggemar siemens ME45 juga, dan sudah jalan 5 taun saya pake siemesns ME45.

    kebetulan ME45 saya dapet masalah serius sekarang, drive-nya error sehingga tidak bisa buka phonebook dan sms.

    ada yang tau bagaimana membenarkannya? thks

  14. oia,

    kalo casing ori-nya masih dijual juga ga sih? udah ancur banget soalnya. hehe

    fyi: domisisli saya di bandung

    thks

  15. salam kenal juga Angga, mungkin perlu diflashing softwarenya, tapi saya gak tahu dibandung tempat yang bisa, saran sih coba aja eksplore ke tempat2 service hp atau cek ke iklan mini pikiran rakyat. Untuk casing original mungkin sudah langka tapi jangan ganti casing dengan non-original disamping bentuknya yang gak presisi juga materialnya jauh banget dengan yang ori, coba aja koresponden dengan anggota club siemens (alamat mailing listnya bisa digoogling aja) G’luck ya

  16. wahai siemens mania salam kenal…..
    me45 punyaku tak seting gprsnya kok g mau kenapa ya? mohon bantuan (aku pake m3 n axis). apa mungkin gprsnya dah mati/rusak ya? o ya mohon info kalo ada cassing ori me45. matur suwun.

  17. gila cari ME45 di BEC sama di BeMall dah ga ada…

    saiah dapet di ITC kebon kalapa…
    berikut hp nya juga batangan….

    gila ni HP bisa miskol didalem aer…
    keren dah.

    koneksi internet nya mantab booo…
    bisa ol di ym didalem gua…

    sinyal nya emang mantap

  18. SALAM ME45 ! SY PECINTA ME45, ME45 SAYA PHONECODE LOCKED. TLG BANTU SY GMN CR BUKA NYA.SY BELI 2ND JD GA TH.TLG JG SY MNT INFO ALAMAT DOWNLOAD DRIVER SIEMENS M45.TRM KSH

  19. Salam kenal,

    Saya jg penggemar siemens sejak awal. Pertama pake hp Siemens C45. Sekarang pake M55 gara2 C45 nya dicuri orang. Dan yang terbaru sekarang pake ME55. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya keterusan dech….
    Cuman sy punya masalah di ME45 yaitu “Phonelocked”, jadi ga bisa nyimpen apa2 di hp. Ada yg bs bantu ….?

  20. salaman kenalan,

    saya koleksi me45 dr 2003, udah abis 4 hp me45 nih, ilang terus.
    trakhir pake yg orange,jatuh di jln dr motor tgl 17/8 kmrn.
    pngn beli lg susah bgt dapetnya, udah muter2 BEC cm ada ME75 aja.
    jd bingung, beli me75 aja gt?

  21. wah kebeneran neh, klo ada yg mau jual ME45 imel saya ya… (jambalrotix@yahoo.com). sukur2 keypad-nya masih keliatan angka-nya. ga lengkap juga ga apa2. asal karet-nya masih utuh.

    jadi inget 4 taun kemaren pk hape juara ini…tapi sayang dah ko’id. abis marahan sama pacar, saya banting ke tembok sekuat tenaga. eeh…bubuk deh. :((

  22. ME 45 wow… Kweren… Ada kenangan pas pada saat Aq Ultah di masukin selokan ma temen2 .., Dompet Amblas ,.. EEEH ME 45 malah dapat sms ucapan Ultah.. He.. he..
    Pa keberuntungan ato emang Buandelll..
    ME 45 ku.. jangan Tingalin aq yow….
    Chup Muach..

  23. Aku juga punya mas dari tahun 2001-an masih sehat wal afiat. hanya baterenya yang mulai berkurang masanya tapi termasuk awet..awet tenan 8 tahunan. beli dari baru ga pernah bermasalah. ga pernah servis. gak pernah rusak. meski mlorot dari kantong, jatuh dari meja, bahkan jatuh dari helm ke kubangan saat hujan2an. tetep setia. Ada yang bisa seperti ini HP sekarang? yang mana yah? sayang siemens malah berhenti produksi.. hiks hiks.

  24. aku siemens mania nih, bagi yang punya ME 45, ME 75, M75 masih mulus bisa jual sama aku, hubungi 085868669969

  25. salam kenal
    aq mo tanya soal onderdil siemens ME75. gimana aq bisa cari info tentang dapetin LCD / chasing siemens ME75 ini.mungkin temen2x tau info.thanks

  26. halo saya mw tnya ni, ketika saya mw hapus phone book hp klo saya delate all dia malah minta kode, tp giliran hapus satu2 si bsa, klo hapus semua tidak bsa , harus minta kode nya! tolong kasih saran dunk?saya pakai simens me45

  27. saya punya hp ini dari baru (warna hitam mulus), tapi sejak 2007 awal tidak sy pakai, hanya saya simpan di dalam lemari, setelah itu pernah saya coba hidupkan malah tidak bereaksi sama sekali, sdh sy coba charge tetap tidak ada reaksi, barangkali ada yang tahu cara memperbaikinya? saya coba telp DGE ternyata sdh tidak support lagi, pernah saya ganti casing depan ori tahun 2006 di DGE roxy, mahal sekali rp 135 ribu, hanya untuk csing depan saja. tapi seetlah saya lihat memang tidak sembarang casing, karena mic serta speaker menyatu dng casing tsb, memang terlihat kokoh sekali hp ini , jerman memang tidak main main dalam memproduksi barang

  28. wah saya baru bisa hidup lagi me45….coba pake kartu three
    mau minta pencerahan untuk konek internet setingnya gimana ya?udah coba seting di three gak ada buat siemens. trus ada csd itu diisi apa ya?
    mohon bantuannya…:)

  29. aq pyk siemens me45 ama m65,kdua hp itu hp ksayangn,tpi syg utk m65nya joystick knop udh ilang,bgi tmn2 mhon infonya dmna aq bs dpetin knop joystiknya?thx sblmx,(cal ke 085236636699)

  30. bagaimana cara menampilkan address book pada siemens ME45..?? saya telah melakukan itu akan tetapi tidak bisa..dan selalu muncul bahwa “address book” tsb telah korup dan di perinathkan untuk menghapus semua data2 yg ada di Hp Siemens ME45 tsb..dan juga muncul ‘Phone Code is Locked”.. hal ini juga telah saya lakukan untuk me _eset ulang pada kolom Factory Setting, akan tetapi tidak bisa…bagaimana cara mengatasinya..?? mohon bantuannya thanks..

  31. bagaimana cara menampilkan address book pada siemens ME45..?? saya telah melakukan itu akan tetapi tidak bisa..dan selalu muncul bahwa “address book” tsb telah korup dan di perinathkan untuk menghapus semua data2 yg ada di Hp Siemens ME45 tsb..dan juga muncul ‘Phone Code is Locked”.. hal ini juga telah saya lakukan untuk me _eset ulang pada kolom Factory Setting, akan tetapi tidak bisa…bagaimana cara mengatasinya..?? mohon bantuannya thanks..

  32. sampurasun .
    kang numpang tanya ,
    punten klo diluar topik .
    Akang pernah pake R310 hiu kan ?
    servicenya di bec kang ?
    Nama tokonya apa kang ?
    Kasih tau sy tmpat service si hiu yg paling recommended ya kang .
    Sy juga pengguna hiu kang , ga bisa nangkap sinyal uy .
    Refurbish soalnya .
    Hatur nuhun kang .

Leave a Reply

