Think Out Of the Box


Manusia adalah mahluk yang unik. Memiliki banyak kelebihan dan kemampuan sehingga merupakan entitas di muka bumi ini yang mampu melakukan perubahan yang significant di muka bumi ini. Peradaban senantiasa bergulir sepanjang berjalannya waktu. Kemajuan standar hidup terus menerus dikembangkan walau terjebak dalam paradigma hedonisme dan materialistis.

 

Lepas dari segala kekurangan yang ada, manusia memiliki interaksi yang cukup intens dengan lingkungan luar, selalu berpikir diajak berpikir “Out of The Box”. Suatu istilah yang terkenal dalam dunia manajemen dan inovasi. Berpikir di luar masalah.

 

Dalam perjalanannya begitu banyak individu yang intens bergulat dengan hal-hal diliuar dirinya. Berlari cepat mengejar ambisi dan prestise dalam srata sosial. Menciptakan terobosan-terobosan baru. Mendedikasikan waktu dan kehidupan terhadap sesuatu. Begitu padat jadwal dan ritme kehidupan manusia modern sekarang. Sampai pada suatu fase tertentu hal tersebut menjadi suatu rutinitas yang berpola seperti layaknya mesin produksi.

 

Seringkali manusia kehilangan momen dan saat-saat untuk mengenal dirinya sendiri, berbicara dengan diri dan berdiskusi dengan nurani. Terkadang seringkali pada saat-saat tertentu kita bisa “mendengar” kata-kata dari dalam diri kita sendiri.

 

Sudahkah kita mengenal diri kita sendiri ?

Sudahkah kita mengetahui tujuan kita hadir didunia ini ?

Sudahkah kita memahami tujuan penciptaan diri kita ?

Yang jelas kita tidak diciptakan sia-sia oleh Allah SWT dan yang pasti juga kita tidak diciptakan untuk hal yang sepele oleh Allah SWT.

 

Banyak orang-orang besar yang mampu merubah peradaban umat manusia, menyisihkan waktu kehidupan mereka untuk berkontemplasi atau bermuhasabah, berdialog dengan diri. Serta mengukur sudah sampai sejauh mana perjalanan hidup mereka. Bagaikan kita menempuh perjalanan kita harus sekali-kali melihat dan mngukur sudah sampai sejauh mana kita berjalan? apakah kita berada dalam jalan yang tepat ? apakah masih cukup perbekalan ?.

 

Berdialog dengan diri kita sendiri akan menciptakan kesadaran yang menyeluruh yang paripurna tentang tujuan hidup. Ada pepatah bijak “life is no matter of having, but life is the matter of being”. Tergantung kita yang akan menjadikan kita sendiri berperan dalam hidup ini. Apakah hanya menjadi penggembira? Pengubah? Pemimpin (setidaknya bagi diri kita sendiri)?.

 

Kenalilah diri kita sendiri. “berbicaralah” kepada diri kita masing-masing tentag jalan kehidupan ini. Apa yang sebenarnya kita kejar da kita cari dalam 24 jam. Berdialoglah dengan bebas dan jujur tanpa ada sekat-sekat pembatas.

Kita adalah mahluk yang terbaik yang diciptakan oleh Allah SWT, jelas disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Bahkan dalam suatu ayat disebutkan bahwa kita adalah “generasi terbaik yang Allah ciptakan”. Informasi itu semoga menjadi modal kita untuk lebih optimis karena kita tahu kita semua adalah mahluk istimewa, we are the precious…jangan kita sia-siakan waktu dan kesempatan hidup ini dengan hal yang mubadzir apalagi hal-hal yang merusak diri sendiri.

 

Jika diibaratkan kita semua memiliki sensor dalam diri kita, sensor yang mampu mendeteksi arah kehidupa yang kita lalui. Seperti layaknya suatu devise, sensor tersebut dapat mengalami noise akibatnya hasil pengukuran tidak tepat akhirnya hasil pengukuran tidak akurat. Disnilah diperlukannya kalibrasi untuk menetapkan kembali skala pengukuran pada angka yang akurat. Validasi untuk mengukur kinerja sensor secara menyeluruh………..proses dialog dengan diri kita sendiri merupakan suatu proses “kalibrasi alami” yang mampu mensetting ulang langkah gerak kita kedepan. Bahkan dapat lebih mengenal dzat yang memiliki kehiduoan dan telah menciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk.

 

Selamat berdialog dan selamat “mengkalibrasi” diri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s