Pengalaman seorang newbie blogger


Istilah “blog” pertama kali diperkenalkan tahun 1997 oleh John Barger untuk menyebutkan sekumpulan situs pribadi yang berisi jurnal atau catatan harian pemilik situs. Situs tersebut juga memiliki link atau tautan terhadap situs-situs lainnya.

Fenomena blog yang makin marak belakangan ini memberikan peluang bagi setiap orang untuk mempublikasikan tulisannya di dunia maya secara gratis. Terbuka kesempatan bagi banyak orang untuk mencoba menjadi “jurnalis”. Seringkali saat kita “googling” mencari informasi tentang suatu hal, google menampilkan hasil pencarian berupa tulisan-tulisan sebuah blog. Adanya blog dapat menciptakan suatu jejaring sosial serta transfer ide, informasi serta opini. Bahkan lebih luasnya lagi blog juga dapat mengarah terhadap pembentukan opini publik. Proses ini akan mendukung proses pembelajaran yang positif melalui internet. Pembelajaran bagi penulis atau pemilik blog ataupun bagi pembaca. Maraknya bermunculan blog dibahasakan dengan istilah “blogaholic” oleh Michael Firewall, penulis buku Hand Book for Blogger.

Dari sisi dakwah islam dan transfer keilmuan yang positif, maraknya blog memberikan warna tersendiri. Banyak para blogger yang rata-rata masih muda menulis dengan menunjukkan idealisme terhadap keislaman serta isu-isu sosial. Semoga maraknya blog bisa menjadi wahana untuk ”amar makruf nahi munkar” serta menyentuh proses dakwah melalui tulisan. Karena dakwah islam merupakan suatu proyek yang besar yang melibatkan seluruh umat islam. Kita diwajibkan untuk menyampaikan keagungan dan keindahan islam dengan cara-cara yang hikmah. Internet dan blog bisa menjadi salah satu fasilitasnya

Dan saya pun termasuk orang yang terkena virus “blogaholic” walaupun tidak sampai stadium “akut” he2😀. Bermula dari seringnya masuk ke blog teman-teman serta orang-orang yang belum saya kenal (istilah bekennya blog walking) saya tertarik untuk mencoba menulis dalam sebuah blog. Dari aktifitas blog walking itu banyak sekali informasi ataupun ilmu yang saya dapatkan mulai dari materi keislaman, spesifikasi phone cell, PDA ataupun komputer, cara seting GPRS, resensi buku-buku menarik, tips-tips menulis, esai sejarah sampai jadi kontak lagi dengan beberapa orang sahabat yang sempat menghilang bertahun-tahun.

Mulailah saya coba bikin blog setelah dikompori seorang teman, walaupun belum pede dengan keahlian menulis dan merangkai kata, akhirnya saya coba membuat blog sampai akhirnya jadilah blog ini. Tujuan awal menulis diblog sebatas pembelajaran menulis dan setidaknya ada manfaat dan “pesan” yang bisa diambil untuk pembaca.

Awalnya sedikit bingung apa yang mau disampaikan (sebetulnya sampai sekarang masih agak bingung juga) tapi setelah berjalan beberapa bulan kayaknya ingin menulis tulisan yang menginspirasi terutama tentang keislaman, teknologi serta resensi buku dibumbui coretan-coretan kecil tentang “gadget” he2 semoga tetap semangat ngeblog nih.

Ternyata tidak mudah untuk tetap konsisten menampilkan tulisan-tulisan secara kontinu dalam blog. Memerlukan tekad dan semangat. Pantas saja seorang blogger senior memberikan satu tips utama ”dalam blog yang paling penting adalah menulis dengan hati dan cinta” .

Thanks buat http://www.duniashinichi.blogspot.com untuk inspirasi ber blog ria.
(koq jadi kayak Pengantar penulis untuk laporan TA yah ?)

6 thoughts on “Pengalaman seorang newbie blogger

  1. Kumaha damang kang wage?
    Masih keuna panyawat blogholic?
    Wayahna newbie biasa keuna blogholic.

    Seratan kang wage alus-alus, hade pisan jeung inspiratif! Ngarah blog-na langkung rame, mangga dicobian posting anggo basa sunda kang wage!. Diantosan ku abdi. Nuhun.

  2. Tapi yang saya bingung, bagaimana sih mekanisme sebuah blog hingga banyak orang yang sudi mampir ke blog kita?

  3. kalo yang pernah sya tahu :
    1. trial and error
    2.selalu update blog dengan kualitas tulisan seoptimal mungkin (kayaknya ini yang gak mudah perlu tekad kuat😛 )
    3. perkaya “content” tulisan
    4.sering-seringlah blog walking ke blog orang lain sambil ninggalin pesan

    dari Mas Wagiyo mungkin bisa berbagi tips2nya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s