SIEMENS ME45 untuk modem internet


Ternyata memiliki gadget jadul (baca : klasik) dapat memberikan kebanggaan tersendiri. SIEMENS ME45 saya yang jadul dapat dioptimalkan sebagai modem internet GPRS yang cukup handal. Dengan menghubungkan handset SIEMENS dengan notebook atau PC saya dapat memiliki akses internet yang cukup buat browsing, cek email, mengirimkan instant message bahkan download yang ringan-ringan. Saya menggunakan koneksi infra merah, berhubung saya tidak memiliki kabel data untuk transfer data. Satu hal yang menarik SIEMENS ME45 dapat langsung terdeteksi sebagai modem oleh Windows XP. Begitu di hubungkan dengan komputer/note book via IrDa dan dicek pada control panel bagian phone and modem option, SIEMENS ME45 sudah “ostosmastis” nongkrong sebagai modem, tanpa memerlukan driver tambahan (saya coba juga dengan SIEMENS CX65 dan SIEMENS M65 dan ternyata langsung terdeteksi sebagai modem…wah mantap juga yah ).

 

Maafkan jika bagi sebagian pembaca pengalaman ini “basbang” (basi banget)..he2 maklum saya tergolong kaum Gaptek juga, tapi lebih baik terlambat dari pada tidak pernah sama sekali khan ?.

Langkah pertama yang harus dipastikan adalah fasilitas GPRS pada handset SIEMENS ME45 sudah aktif. Proses aktifasi GPRS pada handset disesuaikan juga dengan provider seluler yang kita gunakan. Kebetulan seringnya saya menggunakan provider AXIS (AXIS sampai akhir Mei 2008 memberikan bonus fasilitas internet GPRS 100MB GRATIS !). Berikut langkah-langkah seting GPRS ME45 (dengan menggunakan sim card GSM AXIS) :

1.Pada menu Setting-Connectivity, GPRS di ceck.
2.Pada menu Setting-Connectivity-Data Services-WAP, tambahkan profil seting GPRS baru dengan informasi yang dimasukkan APN: AXIS, login name : axis, Password: 123456.
3.Save.
4.Pada menu Surf & Fun-Internet-tambahkan profil baru dengan, profil name :AXISwap (save), WAP parameter IP address :010.008.003.008, port 9201 (IP address yang kedua dikosongkan saja) Home Page: http://wap.axisworld.co.id, linger time 60 seconds (save), CSD seting dikosongkan saja, GPRS Setting : activated, APN : AXIS, login name : axis, password ;123456 (save).
5.Pilih profil AXIS pada internet.
6.Jalankan internet pada satu alamat WAP.
7.Jika sudah muncul tampilan web page nya, maka berarti seting-an GPRSnya sudah betul.

Langkah kedua adalah melakukan koneksi handset dengan komputer dan menambahkan data conection yang baru. Koneksi menggunakan Infra Merah (Irda).
1.Aktifkan IrDa ME45, dengan men-ceck Irda pada menu Setting-Connectivity.
2.Hadapkan port Irda handset dengan port Irda komputer atau note book, posisi harus lurus sejajar jangan ada penghalang, jarak jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
3.Jika sudah terdeteksi pada pojok kanan bawah akan muncul popup, ”computer nearby SIEMENS ME45” (SIEMENS yang saya gunakan adalah ME45 yang sudah diflashing menjadi S45i sehingga terdeteksi oleh komputer sebagai S45i).
4.Masuk ke control panel komputer > phone and modem options, jika pada bagian “modem” sudah ada SIEMENS ME45 lanjutkan dengan mengecek properties SIEMENS ME45, klik Advanced, tambahkan extra command : at+cgdcont=1,”ip”,”AXIS” (extra command ini ditambahkan jika menggunakan koneksi via Irda, dan berbeda-beda sesuai provider GSMnya).
5.Untuk mengecek SIEMENS ME45 sudah siap menjadi modem, klik bagian Diagnostic pada phone and modem options, klik bagian query modem, tunggu beberapa saat, jika muncul kode-kode pada kotak sebelah kiri tab query modem,SIEMENS telah siap berfungsi menjadi modem.

Langkah berikutnya adalah membuat New Connection (Start > Programs > Accessories > Communications > New Connection Wizard). Berturut turut akan muncul langkah sebagai berikut:
1. Network Connection Type, klik Connect to the Internet
2. Getting Ready, klik Setup my connection manually
3. Internet Connection, klik Connect using a dial-up modem
4. Select a Device, klik Modem SIEMENS ME45
5. Connection Name, isi dengan operator (AXISwap)
6. Phone Number to Dial, isi dengan *99***1#
7. Internet Account Information, username : axis password : 123456

Lakukanlah proses dial-up, internet akan tersambung yang ditandai dengan connection speed dari operator yang Anda gunakan pada sebelah kanan bawah AXISwap 115,2Kbps.
Browser Opera atau Modzilla FireFox dapat digunakan sebagai alternatif pengganti Internet
Explorer. Dengan menggunakan soft ware GPRS counter, speed yang tercatat dengan menggunakan AXIS-Modem SIEMENS ME45 berkisar 3 – 24 Kbps.

Selamat berselancar.

 

 

 

 

 

 

13 thoughts on “SIEMENS ME45 untuk modem internet

  1. gak bisa koneknya pakai kabel data atau infra red…kadang klo pakai kabel agak sedikit perlu usaha lebih, ada info yang lainnya ? mungkin kita bisa share..sebagai pengguna siemens jadul he2

  2. Aku sudah coba utk aktifin me45-ku jadi phone modem. tapi pas aku colokin ke pc, komputer ga detect. jadi aku install manual dengan memilih modem 19200 kbs. setelah itu, aku coba utk query modem, tapi tetep belum bisa.

    Setelah itu, aku coba Setup > Connectivity > Fax/Data Modem, aku centang Send vce/fax dan Rec fax/data, query baru bisa berjalan.

    Apakah langkah ini sudah benar? karena beberapa hari ini mencoba konek axis pake gprs koq ada keterangan “unsupported content type”.

    setting grps dan wap sudah bener. gprs sudah diaktifin, security sudah di non-aktifkan, csd sudah dikosongkan. bahkan sampai ke CS-nya axis, mereka tdk bisa mbetulin.

    Tolong dibantu

  3. aq brsn nyoba tp g bs “the server not responding” gt ktny. padahal langkah dah persis ma yg diatas lho. piye iki? aku yo pake me 45 mas!

  4. @R.massaid
    siemens SL45 setahu saya belum memiliki fitur GPRS cuma konektifitas melalui data GSM…bisa digunakan sebagai modem juga tapi saya belum tahu seting-nya, yang jelas kecepatan datanya jauh lebih kecil dibandingkan siemens ME45, coba aja googling “SL45 modem internet”.

    wah pakai SL45 Mas..handset lawas itu sudah sangat langka juga dipasaran. SL45 yang saya tahu menonjol disisi aplikasi javanya..bisa diinstall banyak program java dan bisa di”otak-atik” juga

    Salam kenal

  5. wah…mantabb.. bener2 mirip bgt kek hapeku!
    btw, enakan pake irda, coz gak perlu ngecharge ulang si batre. Kan bisa sambil nyurfing, sekalian pasang kabel charger.lagian, gak separah yg pake blutut, krn gak terlalu gila nyedhot batrenya.

    Keren dah ME 45 mah!

  6. @Wulida

    …masih pakai Siemens ME45 juga ? wah memang mantap nih gadget, iya lebih fleksibel pakai irda cuma kalau kita dalam perjalanan kurang leluasa. Selama ini juga saya pakai irda untuk koneksinya. Pernah coba pakai kabel data tidak pernah bisa berhasil ?? tidak tahu kenapa

  7. terima kasih atas pencerahannya…
    sebelumnya saya menggunakan hp merk lain untuk modem. setelah membaca uraian panjenengan akhirnya saya memutuskan untuk mengganti modem dengan siemens ME45, tapi sayang hp tsb saya dapat batangan dan saya kebingungan cari pc suite dan kabel datanya. sudah googling tapi belum dapat-data juga. seandainya mas wagenugraha mau mengirimi saya pc suite nya saya sangat berterima kasih. harga kabel datanya kisaran berapa ya? salam kenal

  8. mas… klo ME45 belum di Flashing apakah juga bisa langsung otomatis ke detek sebgai Modem juga bila di konek lewat IR.? komputerku pakai windows xp sp 2.

  9. Salam kenal mas Priyanto…
    setahu saya berdasarkan pengalaman temen2 yang sama-sama pakai SIEMENS, walaupun belum di flash tetap koq SIEMENS nya dapat langsung terdeteksi sebagai modem (jika pakai koneksi IrDa).

    wah pakai SIEMENS ME45 juga ya ? sejak kapan mas ?

Leave a Reply

