Tips menjadi Blogger yang OK


Semua orang dapat membuat blog dalam hitungan menit tapi tidak semua orang bisa mengelola dan menjaga blog sehingga tetap ‘exist” dan selalu memberikan hal-hal baru yang bisa diambil. Jika tidak dikelola dengan baik serta tidak dikerjakan dengan penuh “passionate” hanya dalam hitungan bulan, blog hanya menjadi space basi yang enggan untuk dikunjungi para surfer internet. Blog yang baik akan menunjukkan kualitasnya dengan senantiasa exist tak lekang oleh waktu dengan isi yang menarik, layak untuk dikunjungi.

berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan :

a. Kesabaran mengelola topik. Jika blog yang kita buat fokus pada topik tertentu diperlukan kesabaran serta konsistensi diri kita untuk senatiasa menjaga mutu tulisan dengan selalu memiliki sumber-sumber literatur ataupun informasi yang mendukung kualitas tulisan.

b. Be Creative !. Ada kalanya kita harus membuat sesuatu yang baru terhadap blog kita termasuk posting-posting yang kita tampilkan. Posting blog diharapkan memiliki "kesegaran" sehingga membuat pengunjung tidak bosan.

c. Ide briliant. Salah satu "senjata" untuk menarik pengunjung terhadap blog kita adalah menawarkan sesuatu hal yang baru. Walalupun mungkin bisa saja topik yang diangkat adalah halyang biasa tapi kita harus dapat mengemas dengan sesuatu yang unik, sudut pandang yang berbeda atau ilustrasi yang menarik. Hindari sebisa mungkin copycat dari tulisan orang lain.

d. Menjaga kualitas tulisan. Menampilkan tulisan dalam blog memerlukan suatu proses. Tidak bisa asal jadi atau seadanya. Diperlukan suatu bekal dan persiapan untuk dapat menyajikan posting yang bermutu. Mulai dari kualitas isi tulisan yang didukung refrensi yang OK, tampilan posting dan hal lainnya yang memberikan rasa nyaman bagi pembaca. Terkadang blogger yang profesional dapat menghabiskan waktu lebih untuk menampilkan postingannya.

e. Mampu bekerja sendiri secara optimal. Blogging adalah aktifitas personal. Untuk dapat ngeblog dengan optimal ada saatnya kita harus dapat fokus dan berkonsentrasi penuh untuk menulis, tanpa harus diganggu dengan hal-hal lainnya.

f. Siapkan catatan. terkadang ide-ide briliant akan menyergap kapan saja dan dimana saja. dan itu adalah moment yang sangat berharga. "Tangkap" langsung dengan segera menuliskannya dalam catatan kecil minimal poin-poinnya saja sebelum terlanjur menguap.

g.Siapkan mental. Tulisan yang kita tampilkan akan mendapatkan apresiasi ataupun kritikan dari pembaca. Jika berbentuk pujian, kita jangan cepat berpuas diri. Jika kritikan ataupun celaan ambil saja sisi positifnya.

Selamat ngeBlog dengan hati
(dikutip dari Hand Book For Blogger-Michael Firewall)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s