Curah gagasan (brainstorming) yang lebih baik


“Cara terbaik untuk mendapatkan ide bagus adalah dengan mendapatkan banyak ide”.
                                                    = Linus Pauling =

Metoda curah gagasan atau brainstorming merupakan salah satu tool untuk memproduksi ide-ide dan solusi terbaik dengan melakukan pengumpulan dari banyak ide dan solusi yang ada. Umumnya curah gagasan dilakukan dalam suatu tim yang tidak terlalu besar. Berangkat dari paradigma bahwa lebih banyak kepala lebih baik ketimbang satu kepala, diperlukan iklim yang sinergis untuk dapat “memproduksi” ide-ide yang tepat.

Bagi yang berkecimpung dalam dunia kerja yang dituntut untuk senantiasa kreatif dan menjadi “problem solver”, kemampuan untuk melakukan curah gagasan merupakan sebuah kompetensi yang penting. IDEO sebuah firma desain yang kampiun dalam bidang desain produk yang menitik beratkan kemudahan pengguna, juga menyadari akan pentingnya melakukan curah gagasan efektif.Tom Kelley seorang eksekutif IDEO dalam bukunya The Art Of Innovation menuliskan bahwa ketrampilan curah gagasan merupakan suatu keahlian dan seni dalam “memproduksi” ide-ide cemerlang. Keberhasilan IDEO dalam menghasilkan desain produk dan jasa yang sangat memperhatikan kenyamanan pengguna, didasari dari keberhasilan menggagas ide-ide awal dalam tim-tim proyek IDEO. Bisa dibilang curah gagasan yang efektif sudah menjadi budaya dan “bahasa sehari-hari” di kantor IDEO.

Berikut tips-tips untuk melakukan curah gagasan yang lebih baik versi IDEO :

Mempertajam fokus
Awal keberhasilan suatu curah pendapat adalah menyatakan suatu masalah secara jelas. Sebuah sesi curah gagasan tanpa pernyataan masalah ibarat berperang tanpa strategi yang jelas. Topik yang akan diangkat disarankan yang lebih fokus kepada kepuasan pengguna. Carilah sesuatu yang nyata sehingga peserta curah gagasan yang hadir dapat “merasakannya” serta dapat menghasilkan gagasan yang tidak terbatas.

Buat aturan yang menyenangkan
Jangan mendebat dan mengkritik ide-ide yang muncul itu akan melemahkan energi positif yang terbangun dalam tim curah gagasan.

Memberikan nomor gagasan yang dihasilkan
Memberi nomor gagasan akan membantu dalam dua hal ; pertama sebagai alat untuk memotivasi peserta sebelum dan selama sesi, dengan adanya target jumlah tertentu yang ditargetkan bersama untuk dicapai (misalkan mari kita mengumpulkan 100 buah ide untuk masalah ini), yang kedua adalah penomoran memberikan track yang jelas untuk melompat maju mundur dari satu ide ke ide lainnya.

Membangun dan melompat
Pemimpin dalam curah gagasan dapat memberikan umpan balik, stimulasi ide, menyodorkan variasi ide baru, hal ini dilakukan untuk menjaga semangat yang telah terbangun dalam sesi curah gagasan.

Tampilkan ide dan gagasan secara real time
Ide dan gagasan yang dihasilkan harus dapat dilihat dan dibaca oleh seluruh peserta yang ada. Sediakan papan tulis atau white board, kertas roti yang besar untuk ditempel di dinding, bisa juga diletakkan dalam meja curah gagasan. Di IDEO tersedia kertas notes ukuran raksasa untuk ditempelkan di dinding, sehingga semua orang dapat memiliki gambaran dengan ide-ide yang dihasilkan selama sesi curah gagasan berlangsung.

Regangkanlah otot-otot mental
Saat melakukan curah gagasan diharapkan kondisi mental para peserta dalam keadaan relaks, dari keadaan relaks diharapkan akan memicu rasa antusias dan semangat. Buatlah kondisi sekondusif mungkin, jika diperlukan buat suasana tenang sejenak untuk memberikan rasa relaksasi secara mental bagi peserta curah gagasan.

Lakukan aktifitas fisik
Membuat sketsa, diagram, peta pikiran (mind map), membuat protoipe kasar untuk sesi curah gagasan akan menghasilkan semangat dan efek visual yang jelas bagi tim curah gagasan, out putnya solusi dan ide yang paling tepat akan lebih “jelas” didapatkan. Gambar, skema visual atau prototipe sedehana akan lebih banyak memberikan informasi ketimbang hanya verbal.

Mungkin metoda diatas tidak baku, berpegang pada paradigma makin sedikit aturan akan lebih baik dalam sesi curah gagasan, tapi setidaknya dari IDEO kita bisa mencontoh bagaimana mereka membuat sesi curah gagasan yang lebih baik menjadi budaya dan “bahasa” mereka dalam melakukan inovasi.

3 thoughts on “Curah gagasan (brainstorming) yang lebih baik

  1. Insya Allah saya coba..berhubung saya juga jam terbangnya minim masih belajar mengaplikasikannya,

    Salam kenal

  2. Minta ditambah gambar, denah atau flowchart dung biar lebih jelas! secara dirimu kan kartunis jagoan ilustrasi ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s