Ultra Mobile Personal Computer, suatu trend mobile computing


Akhir tahun 2007 mulai terdapat suatu trend baru dalam pasar komputer portable, note book. Banyak vendor-vendor komputer yang mulai melirik membuat UMPC (ultra mobile personal computer), yang merupakan bentuk jenis note book yang lebih ringan dan lebih kecil ukurannya. Paradigma small is beautiful rupanya sangat laris dianut dalam kompetisi pasar notebook yang super ketat.

 

Produk UMPC yang tegolong rawal dan laris adalah ASUS EEE PC. Merupakan komputer sub notebook dengan ukuran layar 7 inchi dengan memori flash drive. Desain yang unik dan elegan menjadikan gadget ini laris kayak kacang goreng, bahkan inden pula.  

Sebelum ASUS EEE PC sebetulnya ide UMPC telah diperkenalkan oleh Nicholas Negroponte, seorang dosen MIT, peneliti Media lab yang memiliki visi melalui OLPC (one laptop perchildren). Dengan bantuan Media Lab dan disponsori Intel, OLPC mampu mendesain sub notebook murah (dengan harga > $100) khusus untuk digunakan bagi pendidikan negara-negara berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Sayangnya informasi terakhir program one laptop per children tersebut mengalami hambatan.

 

Secara teknis banyak kelemahan dari ASUS EEE PC : tidak adanya optical drive, hard disk berupa flash drive 4 GB, ukuran keyboard yang relatif kecil. Mungkin desain awal dari sub note book ini adalah sebagai komputer sekunder, bukan sebagai pengganti dari komputer (PC/notebook) utama yang dimiliki oleh konsumen. Secara desain dan tujuan funsional, ASUS EEE PC ini lebih ditujukan bagi mereka yang tidak memerlukan komputasi ”berat”, lebih cocock untuk browsing, chatting (notebook ASUS EEE PC sudah support wifi) dan kurang nyaman digunakan sebagai pengolah dokumen.

 

Tapi lepas dari segala kekurangan itu, penerimaan pasar terhadap ASUS EEE PC menjadikan vendor lainnya mulai ”melirik” untuk ikut membuat UMPC. MSI, Kojashima, Zyrex, AXIOO tercatat mulai merilis produk masing-masing yang bertema UMPC.

 

Bahkan pemain sekelas DELL dan Hewlett Packard (HP) pun ikut bermain dalam pangsa pasar notebook UMPC ini.

Note Book HP 2133 UMPC

 

Berbagai kelebihan (disamping juga kekurangan) ditawarkan oleh produk UMPC tersebut. Heem..apakah UMPC tersebut betul-betul nyaman dan fungsional bagi konsumen. Tinggal dikembalikan bagi kita sebagai konsumen untuk menyeleksinya..apakah kita betul-betul membutuhkan UMPC atau hanya sekadar ikut-ikutan sebagai trend dan fashion ?.

Untuk para pekerja road warrior yang banyak menghabiskan waktu diperjalanan mungkin keberadaan UMPC membawa angin segar untuk mendapatkan gadget impian yang ramping. Tapi jangan sampai untuk mendapatkan bobot gadget yang enteng faktor kemampuan dikorbankan sehingga kemampuan komputasi menjadi ”ompong”.

 

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh notebook adalah portable, dapat dibawa secara mobile disamping memiliki kemampuan komputasi yang setara atau hampir sama dengan desktop komputer. Bagi pengguna komputer untuk office dan multi media, notebook yang digunakan lebih leluasa jika memiliki memori dan kapasitas hard disk yang cukup besar. Prosesor yang mumpuni sebagai otak dari notebook diperlukan agar proses komputasi berjalan lancar. Sehingga pilihan prosesor dan kapasitas memori merupakan parameter utama pilihan sebuah notebook, termasuk juga jika memilih UMPC. Masalah ukuran mungkin akan bersifat subjektif,mengingat produk-produk notebook yang diproduksi sekarang memiliki ukuran yang relatif hampir merata. Faktor terakhir adalah membuat rasio fungsi dengan harga. Apakah dengan harga yang dibayarkan kita mendapatkan fungsi layak dan sesuai.

Bagi yang berninat selamat mereview dan memilah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s