Knol, Ensiklopedia dari Google


Sebagai sebuah perusahaan internet yang senantiasa membuat produk-produk baru, Google meluncurkan “Knol” pada bulan Juli 2008. Knol dapat diakses melalui alamat web http://knol.google.com.

 

Knol yang diidentifikasikan oleh pihak Google sebagai “unit of knowledge” memiliki kemiripan dengan Wikipedia yang sama-sama merupakan ensiklopedia online gratis. Wikipedia merupakan ensiklopedia online gratis yang telah lebih dahulu terkenal. Knol menyediakan informasi mengenai topik-topik tertentu yang ditulis oleh seseorang dalam bidang sains,medis, rekayasa, tips praktis to do your self,komputer dan lain-lain. Hampir sama dengan halaman-halaman Wiki dalam Wikipedia yang memuat tulisan para kontributor secara online.   seluruh dunia.

 

Perbedaan yang sangat terlihat adalah pada Knol Google, penulis mencantumkan identitas lengkap beserta latar belakang disiplin ilmu mereka, kebanyakan artikel yang mereka tulis terkait dengan latar belakang keilmuan mereka. Sedangkan Wikipedia tidak mencantumkan penulis artikel.

 

Google melalui Knol  melakukan pendekatan ; tulisan yang memiliki “nilai” dihasilkan oleh kontributor yang memiliki latar belakang keilmuan dalam topik yang ditulisnya. Artikel Knol juga tidak dibuat secara kolaboratif oleh beberapa penulis anonim seperti di Wikipedia. Seorang penulis Knol menuliskan sebuah topik tertentu. Penulis lain tidak diperkenankan menyunting artikel tersebut, tapi ia bisa membuat artikel dengan topik yang sama. Pembaca online bisa berpartisipasi dalam Knol sebagai penilai. Mereka bisa me-ranking artikel berdasarkan tingkat kegunaannya. Pengguna bisa mengirimkan komentar dan juga pertanyaan kepada penulis knol tersebut.

 

Pihak Google sendiri tidak meng-klaim Knol merupakan saingan Wikipedia, “hanya menyempurnakan celah kekurangan dalam Wikipedia”. Tujuan dari pembuatan Knol sendiri untuk memberikan fasilitas lebih luas dalam dunia web untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Orang-orang yang memiliki  Sampai sejauh ini Knol banyak berisi artikel-artikel medis (semua berbahasa Inggris) yang ditulis oleh kontributor-kontributor dengan latar belakang ahli medis.

 

Dibandingkan dengan Wikipedia, Knol yang sekarang masih sangat kecil, belum dapat menyaingi Wikipedia yang sudah memiliki kumpulan tulisan yang sangat banyak. Kurang lebih 8,2 juta  artikel dalam 200 bahasa di dunia. Dan kurang lebih 2 juta artikel dalam bahasa Indonesia. Salah satu isu yang terkait dengan Wikipedia adalah akurasi artikel yang dituliskan.

 

Sisi positifnya kemunculan Knol bagi para pengguna internet adalah makin banyaknya sumber-sumber alternatif media online, yang menyediakan pengetahuan tersusun secara sistematis dan dapat diakses secara gratis. Bagi yang berminat untuk saling berbagi ilmu pengetahuan yang anda miliki silakan dapat mempublishnya di Knol, selain mendapatkan apresiasi dari pembaca juga ada insentif dari Google melalui program periklanan.

 

 

Sumber pustaka :

PC Plus 18 Agustus 2008

Googleblog.blogspot.com

One thought on “Knol, Ensiklopedia dari Google

  1. Dua juta artikel dalam bahasa! Top dah! Wikipedia emang lengkap banget dibanding ensiklopedi biasa. Setelah ada knol mudah-mudahan makin banyak info yang tersedia di internet dan makin gampang cari bahan tulisan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s