Berkolaborasi dengan WIKI


Sebagian besar para pengguna internet pasti sudah sangat mengenal situs Wikipedia (www.wikipedia.org). Situs ensiklopedia yang populer, lebih populer di bandingkan ensiklopedia pendahulunya, Britanica Ensiklopedia. Wikipedia merupakan salah satu contoh produk sukses hasil dari kolaborasi yang sinergis di dunia maya. Wikipedia merupakan ensiklopedia dimana isi tulisannya bebas untuk diedit oleh para pembaca dan pengguna internet. Selain Wikipedia banyak juga website-website Wiki lainnya, ada Wiki How (www.wikihow.com) berisi tentang seputar How-To, Wiki lyric (www.lyricwiki.org) berisi tentang lirik-lirik lagu. Bahkan Google pun membuat website Knol (http://knol.google.com) yang merupakan versi Wikipedia dari Google, isinya berupa artikel-artikel ilmiah dari para pakar.

 

Sebetulnya Apakah Wiki itu ?

Istilah “Wki” diambil dari bahasa Hawai yang artinya cepat. Istilah ini umumnya digunakan untuk jenis web site yang memberikan kebebasan bagi siapapun untuk mengubah, menambah dan berkontribusi terhadap konten web site. Disini komunitas merupakan kekuatan utama dari web Wiki. Dengan adanya komunitas yang aktif berkontribusi, website Wiki dapat menghasilkan konten yang lebih baik secara cepat dan efisien.

 

Isu yang menjadi kritikan website Wiki adalah keakuratan dari isi website tersebut. Semua orang bisa mengubah dan memberikan kontribusi bagaimana keakuratannya bisa terjamin ?. Disatu sisi untuk konten-konten yang umum harus tetap memerlukan editorial yang memantau isi dari konten agar tetap objektif dan tidak menyalahi aturan yang ada. Di sisi lain, ide untuk berkolaborasi rame-rame sebetulnya jika dikelola dengan tepat akan menghasilkan sesuatu hal yang lebih baik. Karena tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui semua hal dengan pasti. Tapi setiap orang memiliki pengetahuan tentang sesuatu. Nah, jika pecahan-pecahan pengetahuan ini digabungkan secara tepat dan “direkatkan” maka akan diperoleh suatu “gudang pengetahuan” yang dapat berguna. Sifat website dengan konsep konten yang senantiasa diperbaharui secara aktif oleh pembaca merupakan sifat Web 2.0 yang ramai dibicarakan. Wikipedia memberikan contoh bagaimana suatu kolaborasi yang efektif dapat menghasilkan konten yang bagus. Mungkin seperti kata pepatah : “banyak kepala lebih baik dari satu kepala”

 

Merancang Website Wiki

Dalam dunia profesional dan bisnis Wiki digunakan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan ide-ide serta menyelesaikan pekerjaan oleh sumber daya manusia yang tersebar antar benua. Sehingga pemisah jarak dan waktu bukan menjadi halangan untuk terus produktif melalui kolaborasi potensi-potensi yang ada.

 

Untuk membuat website Wiki dapat menggunakan engine/software Wiki. Sebuah software Wiki secara garis besar telah menyediakan hal-hal untuk membuat situs Wiki. PmWiki, MediaWiki adalah salah satu contoh software Wiki. Atau dapat juga menggunakan website yang menyediakan layanan hosting dengan engine Wiki. Google menyediakan tipe website ini melalui Google Sites (http://sites.google.com). Untuk skala lebih besar dapat dibangun sebuah portal enterprise yang menciptakan kolaborasi dokumen dan workspace dengan Wiki merupakan salah satu komponennya. Pilihan untuk jenis ini antara lain adalah Microsoft SharePoint dan Liferay (www.liferay.com).

 

Sumber refrensi :PC Media Edisi Oktober 2008

< ditulis dengan menggunakan Open Office 3.0🙂 >

Lebih lanjut :

http://en.wikipedia.org/wiki/Wiki

http://mediawiki.org

http://sites.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s