Menggunakan PDA Palm m505


palm_dellDua minggu lebih saya mendapatkan pinjaman gadget “klasik”, sebuah PDA (Pocket Digital Assistant) dengan sistem operasi lawas, Palm versi 4.0. Perangkat PDA biasa juga disebut sebagai Hand held computer (komputer genggam) karena memang saat tujuan pembuatannya ditujukan untuk fungsi komputasi dasar. PDA yang dipinjamkan adalah sebuah PDA Palm m505. Sebetulnya saya pernah juga menggunakan PDA lawas ini sampai akhirnya raib di jalanan😛 . Setelah sedikit nostalgia dengan gadget lawas ini jadi terbetik ingin menulis cerita atau review singkat mengenai PDA palm m505, walaupun mungkin sudah jarang orang yang pakai. Mungkin jumlah pemakai PDA tidak sebanyak pengguna phone cell. Awalnya PDA didesain untuk pengganti organizer kertas; mencatat alamat, nomor telepon, kalender, to do list, jam dan semacamnya. PDA Palm m505 adalah gadget “super jadul” , diluncurkan ke pasaran sekitar tahun 2001, tapi jika dioptimalkan hanya dengan 16 MB memori internal (ada tambahan slot buat memori eksternal) kita dapat melakukan cukup banyak hal. Mulai dari kerjaan sampai hiburan.

Dimulai dengan “otak” yang ditanamkan ke dalam PDA ini, diotaki dengan prosesor Dragon Ball 33 MHz (koq sama kayak manga dan anime Dragon Ballz ya ?? ), touchscreen dengan layar warna reolusi rendah (160×160) , sistem operasi Palm OS Ver 4.0, konekstifitas irda & kabel Palm-Usb, terdapat slot untuk eksternal memori (MMC atau SD Card).

Dengan spesifikasi hardware dan software yang “primitif” untuk ukuran sekarang ternyata tidak menjadikan Palm m505 kehilangan karakter fungsi dan kelebihannya. Stabil, pemakaian yang mudah, hemat energi listrik, hemat memori program merupakan karakteristik gadget-gadget yang “diisi” dengan sistem operasi Palm. Ternyata dengan otak prosesor yang rendah speednya tetap bisa menjalankan program-program dengan baik dan tentunya hemat daya listrik (baterai bisa tahan sampai 5-6 hari dengan pemakaian moderat). Kelebihan lainnya dari Palm adalah karakteristik program aplikasinya yang irit memori. Dengan internal memori 16 MB dan eksternal memori MMC 256 MB, banyak program dan data yang bisa saya simpan. Mulai dari aplikasi kantoran, game, dokumen dalam bentuk .doc, .pdf, .pdb, .xls serta aplikasi utilitas yang cukup berguna. Biasanya saya gunakan Palm m505 ini sebagai “senjata” dalam meeting, baca e-book, corat-coret menulis untuk artikel, maen game. Bahkan ada suatu kejadian rekan kerja yang menggunakan Nokia Communicator E90 sempat terkagum-kagum melihat Palm m505 ini saat meeting, saat itu saya gunakan aplikasi spreadsheet, pdf dan dokumen. Disangkanya ini adalah gadget baru yang mahal seperti E90, padahal waktu itu saya dapatkan dengan harga murah dari iklan pikiran rakyat.

Beberapa aplikasi yang berguna untuk PDA Palm m505 yang masih saya ingat (bisa juga digunakan di PDA palm lainnya) :

m5051DocToGo, aplikasi office yang mantap untuk di pasang dalam PDA palm. Berisi aplikasi office mencakup dokumen, spreadsheet, gambar dan file presentasi. DocToGo dapat disinkronisasikan dengan komputer sehingga file-file dokumen yang ada dalam komputer dengan ekstensi .doc, xls, rtf , txt dapat dimasukkan kedalam PDA untuk dibaca atau diedit (tentunya melalui sinkronisasi dengan menggunakan aplikasi Palm Desktop). Kalau dibandingkan DocToGo memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobile words yang ada secara default dalam PDA Windows mobile.

Adobe Reader for Palm, aplikasi untuk membaca file pdf, transfer file pdf dari komputer (atau sebaliknya).Dapat diperoleh gratis dari situs Adobe.

Isilo, Mobi Pocket, Palm Reader, aplikasi untuk membaca e-Book dengan format untuk Palm. Isilo menyedialan juga aplikasi untuk mengkonversi format html sehingga dapat dibaca di PDA palm kita. Untuk e-book yang dapat di unduh secara gratisan disediakan salah satunya oleh http://www.memoware.com.
Resco Explorer, aplikasi file explorer untuk menampilkan file di Palm (mirip dengan Windows Explorer).
Agendus, aplikasi pencatat agenda, kalender, to do list serta reminding (tampilan dan susunannya lebih baik ketimbang Date Book default dari Palm).
World Clock , program untuk mengetahui waktu di belahan dunia serta penampakan bulan.
Game : Chees Genius (game catur), Bzzz (game nangkap lalat), Sudoku, Othello …dan lain lain.

Program-program lainnya dapat dicari di Google, banyak yang gratis dan unik-unik lho, salah satunya adalah Mobilefan.
Sebagai tambahan PDA ini bisa disandingkan dengan phone cell yang sudah support GPRS untuk bisa browsing internet (via irda) cuman sayang sampai sekarang saya belum berhasil, baru sampai ngirim sms dan baca sms dari PDA.

Untuk input teks dapat menggunakan virtual keyboard (yang dapat ditap dari sisi silk screen-nya). Tapi jika untuk menulis tulisan yang cukup panjang cara ini kurang nyaman. Ada alternatif lainnya dari device-device palm, yaitu dengan  Graffiti. Dengan menggunakan fasilitas Graffiti dari Palm OS, kita dapat menulis dengan menggunakan pola-pola tulisan tangan yang telah “ditentukan”. Pola tulisan ini dapat di “kenali” oleh device Palm. Dengan sedikit penyesuaian, saya bisa menulis cepat (secepat tulisan tangan) dan cukup nyaman untuk menulis tulisan yang cukup panjang. Bagi saya ini merupakan salah satu keunikan Palm, mudah dan fungsional dalam menginput teks.

284px-palm_graffiti_gestures

(Gambar pola tulisan Graffiti dalam Palm OS)

Bagaimana ada juga yang punya pengalaman unik menggunakan Palm ?.

4 thoughts on “Menggunakan PDA Palm m505

  1. AWW brother,baru datang lagi nih ke blog ente…mo cari info neeh, kalo hp ana napa ya slalu ada kata “indonesia”-nya dibelakang si caller ID if somebody contact me, trus ke pulsa jadi lebih mahal and kalu browser jadi lebih mahal di banding orang lain,btw hp ana TAXCO TX 61…afwan nih ana tanya disini no hp ente hilang beserta hpnya,please bro kalo punya info call/sms ana di 085722753345…jazakallah pisan bro kalo ente mo kasih info and makasih juga atas lirik song for gaza-nya….segitu deh…
    KEEP ThE fAith mon ami…

  2. Makasih kawan infonya. Aku mo cari interface PALM C505 ke usb. Mungkin bisa bantu? Sokor klo sekitar surabaya saja. 03160696068.

  3. maaf saya mau cari charger nya dmana ya,..

    pda mas kan hilang bisakah saya beli charger nya,..
    saya sangat sayang pada pda tsb,.
    ferdy
    tolong hubungin saya mas
    081273323921
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s