Tentang menulis dan konsistensi


Wuih sudah lama sekali tidak mengupdate blog, ide-ide sebetulnya cukup banyak tapi saat mau dibuat ke dalam bentuk tulisan kenapa susah ya. Entah males atau memang lagi padat banyak kesibukan lain. Jadi ingat waktu mengikuti workshop Penulisan Kreatif, salah seorang pembicara berpendapat bahwa menulis itu tidak mudah tapi menulis itu taktis. Artinya diperlukan usaha yang kuat dan terus menerus agar bisa menulis dengan baik. Saya pribadi lebih setuju dengan pendapat menulis itu taktis (klo gak salah beliau menulis juga bukunya).

Ternyata melakukan hal-hal yang positif secara konsisten, terus menerus bukan perkara yang mudah. Maka pantas dalam hadist disebutkan Allah menyukai amalan hambanya yang rutin walaupun relatif sedikit. Konsistensi sebuah aktifitas merupakan wujud dari sebuah tekad yang kuat.

Saya sering membaca kisah-kisah para penulis sukses, bahwa kekuatan mereka yang paling kuat adalah konsistensi dalam menulis. John Grisham, pengacara yang beralih menjadi novelis cerita-cerita hukum melakukan aktifitas menulisnya dipagi hari sebelum memulai pekerjaan rutinnya (wakti itu dia masih bekerja di firma hukum). Buah kerja kerasnya ternyata membuahkan hasil, novel-novelnya banyak yangbest seller bahkan banyak yang diangkat ke layar lebar, sebut saja diantaranya, The Firm, Pelican Brief, Runaway Juri, Time to Kill. Dan Brown penulis Novel kondang dan JK.Rowling ternyata melakukan pekerjaan menulis yang spartan. Brown biasa menulis di dini hari sedangkan JK. Rowling (waktu itu belum terkenal) menulis novel Harry Potternya di restoran yang menyediakan penghangat ruangan (karena di apartemennya pemanas ruangannya sering tersendat).

Dan satu lagi dari Indonesia, Andrea Hirata penulis fenomenal tetralogi Laskar Pelangi menulis novel pertamanya hanya dalam beberapa minggu, menulis setiap malam disela-sela kesibukannya sebagai karyawan PT. Telkom.

 

Luar biasa semangat menulis dari para penulis besar tersebut. Heu2 ternyata jadi untuk jadi penulis yang handal terus menulis..menulis dan menulis. Terimakasih banyak pak Bambang Trim dan Bang Andrea Hirata, sharing semangat dan idealismenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s