Anak, orang tua dan amanah pembinaan


01-09-09_0813Memiliki anak yang sehat, shalih merupakan dambaan setiap orang tua. Kehadiran anak dirasakan sebagai pelengkap sebuah keluarga. Akan tetapi sebagai seorang mukmin, kehadiran anak dalam sebuah keluarga tidak lepas dari kehendak Allah SWT. Dan yang pastinya keberadaan anak sebagai sebuah titipan mengandung makna amanah yang besar. Keberadaan anak tidak hanya semata hasil dari proses biologi semata tapi lebih dari itu, ada tugas yang sudah include dalam amanah anak ini.

Salah satunya adalah amanah pembinaan yang paripurna. Pembinaan yang benar sehingga anak yang di titipkan kepada kita tumbuh menjadi generasi terbaik pembela umat. Generasi yang memiliki akhlak mulia dengan karakter yang kuat.

Sehingga sudah seharusnya para orang tua memiliki kesadaran dan kesanggupan dalam mengemban amanah ini. Untuk mampu membina guna membentuk generasi yang kuat melalui pembinaan dalam keluarga.

Semoga predikat orang tua; ayah, ibu tidak semata-mata di”sematkan” karena sudah memiliki anak. Tapi harus lebih dari itu. Saat menjadi orang tua kita harus memiliki kemampuan menjadi orang tua. Kemampuan yang dibangun melalui kesadaran, pengalaman dan pembelajaran yang terus menerus.

Dalam Al Qur’an surat An-Nisa:9 : “Dan hendaklah takut kepada ALLAH orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatirkan keadaannya. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada ALLAH dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”. Generasi yang kuat akan muncul jika dibesarkan di atas pijakan ketaqwaan kepada ALLAH serta berkata perkataan yang benar. Dengan dua “guide line” ini insya Allah akan terbentuk anak-anak dengan karakter yang kuat yang mampu berperan sebagai generasi shalih pewaris semangat para Nabi dan golongan orang-orang yang shalih.

Semoga kita semua yang sudah diamanahi tanggung jawab ini dimampukan oleh ALLAH untuk membina membentuk generasi yang kuat. Generasi yang mampu mengusung risalah kebenaran mengukir prestasi dan amal shalih dalam berbagai peran dalam masyarakat. Amin.

Wallahu’alam Bishawab

One thought on “Anak, orang tua dan amanah pembinaan

  1. anak memang amanah dari Allah namun banyak sekarang orang tua yang mendidik anaknya dengan pendidikan yang keras sehingga banyak hal yang negatif yang diakibatkannya. harap ditunjukkan langkah2 dalam membina anak yang baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s