Honda dan CEO Honda, Takanobu Ito


Siapa yang tidak kenal Honda ? produsen otomotif kelas dunia yang terkenal . Memiliki kelebihan dalam memproduksi kendaraan bermotor dengan teknologi yang inovatif, serta sesuai dengan keperluan konsumen di berbagai belahan dunia. Di Indonesia Honda terkenal karena produk motornya, salip menyalip dengan Yamaha. Seiring dengan krisis ekonomi sebagai dampak dari krisis ekonomi Amerika, Industri Otomotif dan Honda mengalami imbas akibat daya beli konsumen yang merosot.

Tapi dengan kekuatan budaya bisnis Honda yang menekankan terhadap prinsip berpikir cepat, investasi yang konservatif, dan menakar dengan kepala dingin kemampuan mereka sendiri. Honda menolak untuk mengikuti competitor dengan tidak memproduksi kendaraan pickup besar, walaupun dari segi margin keuntungan cukup menggiurkan. Untuk mobil, Honda fokus di empat model utama, mobil kompak Fit (Jazz), sedan Civic dan Accord serta CR-V, SUV kecil. Diseluruh dunia masing-masing model ini terjual lebih dari 50.000 unit per-tahun.

Fokus dan penghematan yang dilakukan mampu membantu Honda survive mengarungi badai krisis dan tetap membukukan keuntungan $ 1,5 miliar (Tahun Fiskal Maret 2009) padahal rivalnya Toyota dan Nissan merugi miliaran dollar.

honda-ceo-takanobu-ito3Adalah Takanobu Ito seorang insinyur Honda yang sekarang didaulat menjadi CEO Honda. Ito yang telah bekerja 25 tahun di Honda terbiasa bekerja dengan anggaran yang ketat. Sehari-hari bekerja di meja kayu yang sederhana dalam ruangan yang dipakai bersama dengan eksekutif lainnya.

Pengehematan dan efisiensi terasa kental dalam budaya Honda. Dan hal ini sangat membantu Honda untuk “survive” dan lebih ramping dalam bergerak didalam iklim kompetisi industry otomotif yang super ketat. Ekspansi besar-besaran ditunda, menarik diri dari ajang balap Formula 1 untuk dapat menghemat sekitar $500 juta pertahun dilakukan oleh CEO Ito.

Satu hal menarik dari Honda dan CEO Takanobu Ito, Honda adalah perusahaan dengan budaya hierarki yang tidak terlalu kaku. Sebagian besar eksekutif level atas termasuk Takanobu Ito adalah insinyur yang lebih bersemangat membicarakan teknologi ketimbang keuangan. Kepada Ito yang telah menjabat CEO pun semua orang nyaris menyapanya dengan sebutan “Ito-san” bukan sebutan yang lebih formal “Ito-Shacho” (Presiden Ito). Kini Ito harus menjalani masa-masa penjualan yang berat ditambah dengan menguatnya Yen sehingga mengikis laba ekspor.

Honda pun mulai focus menciptakan jajaran produk yang irit BBM. Kecenderungan konsumen yang meninggalkan SUV besar dengan mobil yang kompak membantu mendogkrak penjualan Honda. “Kami ingin memproduksi dan menawarkan mobil yang nyaman dikendarai, bukan mobil yang boros” kata CEO Ito.

Budaya egaliter Ito-san dengan semangat kerja dan inovasi yang kuat mengingatkan kepada Founder Sony Corporation. Seperti inikah profil pemimpin-pemimpin korporasi Jepang ?. Efisien, egaliter dan focus untuk bisa bertahan menjawab tantangan medan yang selalu berubah.

 

–disadur dari Businessweek 4 November 2009 —

One thought on “Honda dan CEO Honda, Takanobu Ito

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s