Cerita “Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan amazon.com”


Penjelajahan dunia pustaka tidak akan pernah seasik kini. Berkat bantuan inovasi jaringan interkoneksi global alias Internet saat ini, memungkinkan kita para penggemar buku –sebagai media informasi sekaligus hiburan– begitu leluasa dan nyaman untuk mendapatkan buku-buku favorit terbaru, langsung dari ujung jari pada mouse dan selanjutnya dihantarkan ke lokasi dimanapun kita berada.

Salah satu perintis jasa penyedia buku melalui prosedur online yang paling heboh saat ini adalah amazon.com (www.amazon.com). Mereka adalah bentuk e-commerce terlengkap di dunia asal Seattle, Amerika Serikat yang berdedikasi tinggi memanjakan para “kutu-kutu buku” dalam menghadirkan berbagai jenis buku, apapun pilihannya dihantarkan cepat dan tepat di atas meja belajar atau ruang baca keluarga kita. Sampai detik ini, gaung distribusi amazon.com sudah membahana luas ke setiap belahan benua yang terkoneksi Internet. Berawal dari toko buku online kecil bertransformasi menjadi raksasa e-commerce. This business is big and it just keeps getting bigger! Maka timbul pertanyaan, siapakah The Man behind amazon.com dan bagaimana sebenarnya usaha toko buku online itu bermula?

Adalah Jeff Bezos, si jenius lulusan Universitas Princeton dengan gelar summa cum laude pada tahun 1986 yang memantik ide awal amazon.com. Dari keenceran otak dan energi besar yang beliau telah miliki sejak awal untuk memulai suatu bisnis, yaitu menjual buku melalui Internet –adalah satu-satunya ketertarikan besar beliau pada masa itu. Dengan dasar pemikiran bahwa belum ada yang mendominasi potensi pasar bisnis raksasa di bidang penjualan buku online. Beruntung memang, ketika kali pertama Bezos menapakkan kaki-kakinya pada bisnis online bookstore tersebut. Pasalnya, pada tahun 1994 bisa dibilang hanya ada Barnes & Noble serta Borders Group yang masa itu pangsa pasar keduanya hanya mencapai kurang dari 25% atas keseluruhan transaksi 30 milyar US$ untuk pasar buku di Amerika. Itulah yang menjadikan intuisi Bezos semakin kreatif dan ekspansif untuk membangun amazon.com.

Dengan moto TUMBUH BESAR DENGAN CEPAT dan membangun budaya perusahaan yang energik dan ramah pelanggan sehingga menimbulkan efek “lekat” ke pelanggan (businessweek 2009).

Dan amazon.com “tumbuh” dan disukai oleh banyak konsumen. Kuncinya kata Jeff Bezos adalah memperkerjakan orang-orang yang tepat dengan “passionate” yang tinggi dalam bekerja dan membangun bisnis. Tidak hanya buku-buku yang dijajakan di toko online-nya. Variasi penjualan jalur produk terus ditambah sesuai dengan pertumbuhan usahanya. Koleksi seperti kaset VHS, cakram DVD, CD musik, MP3, perangkat lunak komputer, video games, barang elektronik, perlengkapan hiburan multimedia, furniture, panganan, mainan anak-anak –merupakan sebagian daftar barang dagangan di situs amazon.com milik Bezos. Info terbaru kemajuan amazon.com dalam e-commerce, digital e-book reader, Amazon Kindle merupakan salah satu hot item yang paling laris di US (kapan ya bisa masuk ke indonesia ?🙂 )


Seperti layaknya industri atau bisnis di dunia manapun, ekspansi dan diversifikasi adalah kata kunci untuk survive dan berkembang pesat. Tak ayal, Bezos pun turut meramaikan arena pertarungan di jagad Internet dengan mengakuisisi Alexa Internet dan A9.com (sebagai jasa mesin pencari), serta IMDb (sebagai pangkalan data online untuk informasi seputar film, aktor, acara TV, kru produksi, dan video games). Dijamin Bezos tidak akan berhenti sampai di situ. Progress terakhir amazon.com membeli Zappos.com, retail sepatu dan pakaian yang unik serta kreatif.

Secara keseluruhan, biografi ini begitu informatif dan inspirasional, transformasi perusahaan online yang “melompat” menjadi perusahaan berteknologi tinggi. Bahkan kabar terbaru Amazon.com menawarkan utilitas komputasi awan (Cloud Computing) yang memungkinkan pihak luar menggunakan resource komputasi yang sangat besar yang dimiliki oleh Amazon.com.

Oleh sang penulis –Bernard Ryan, Jr– pada bagian akhir buku, disisipkannya sebuah bonus berupa tips cerdas menjadi pengusaha Internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s