Berbagi Ala Zappos.com (resensi kecil dari Zappos Culture Book)


“people may not remember exactly what you did or what you said, but they will always remember how you MADE THEM FEEL”

Awalnya saya sedikit penasaran dengan Zappos.com. Soalnya namanya aneh dan jarang sekali mendengarnya.

Pertama kali tahu dari sebuah majalah bisnis yang isi artikelnya mengenai kepuasan pelanggan. Dan disana disebutkan bahwa Zappos.com, toko retail sepatu online memiliki kemampuan untuk memberikan kepuasan pelanggan yang top. Sehingga banyak para pembeli yang mengaku puas dan kembali terus membeli sepatu lewat Zappos.com. Kabar terakhir Amazon.com membeli sebagian saham Zappos.com. Konon kabarnya sang CEO Amazon.com adalah salah satu fansnya Zappos.com dan Tony Hsieh (CEO Zappos.com).

Tony Hsieh CEO Zappos.com

Salah satu keunikan dari Zappos.com adalah buadaya kerjanya yang unik. Yang ujung-ujungnya membuat setiap pegawai Zappos terobsesi untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap pelanggan. Bahkan bebas melakukan improvisasi yang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang mebuat pelanggan loyal.

Tapi apa bedanya budaya Zappos dengan budaya perusahaan lainnya ? sudah umum sekarang isu Budaya Perusahaan digaung-gaungkan. Ternyata di Zappos.com buadaya tidak hanya tulisan yang digadang-gadangkan diruangan atau digedung, bukan hanya semboyan tanpa makna yang dihapal setiap pegawai. Tapi sudah merupakan “jiwa” perusahaan yang dipraktekan mulai dari hal yang kecil dan terus dievaluasi.

Adalah Tony Hsieh CEO Zappos.com yang bertugas sebagai penjaga budaya perusahaan serta motivator ulung. Hampir sebagian besar waktunya dihabiskan untuk memperkuat budaya perusahaan. Menjalin hubungan dengan pelanggan dan stake houlder lainnya dengan melalui media, situs jejaring sosial, situs micro-blogging.Dan saya termasuk followernya di Twitter🙂.

Dalam buku Zappos Culture Book (saya peroleh gratis dari Zappos, totally free of charge) disebutkan bahwa inti nilai budaya perusahaan bagi mereka adalah :
* Deliver WOW through service
*Embrace and Drive Change
*Create Fun a Little Weirdness
*Be Adventurous, Creative and Open Minded
*Pursue Growth and Learning
*Build Open and Honest Relationship With Communication
*Build a Positive Team And Family Spirit
*Do More With Less
*Be Passionate and Determined
*Be Humble
….Zappos is a SERVICE company that happens to sell shoes, and clothing, and handbags, and accesories, and eventually ANYTHING and EVERYTHING.

Pelajaran yang bisa diambil dari Zappos.com adalah bagaimana membuat sebuah budaya kerja yang positif, budaya yang membangkitkan motivasi untuk memberikan lebih dalam bekerja, dapat membentuk sebuah perusahaan yang unik dan tangguh. BUdaya yang menanamkan bahwa berbuat baik, amanah akan membawa keuntungan jangka panjang.

Ujung-ujungnya dari segi bisnis profit akan datang secara otomatis (Zappos.com tercatat sebagai salah satu dari 100 perusahaan terbaik versi Majalah FORTUNE).

Hikmah dari budaya kerja Zappos.com. Budaya tersebut mencoba ditularkan melalui serangkaian workshop ataupun tour di Zappos.com, untuk menyerap budayanya. Dan hal tersebut terbuka untuk umum bahkan bagi pesaing mereka sekalipun. Bahkan Zappos mengirimkan Zappos Culture Book secara cuma-cuma bagi yang merequestnya (sayang sekarang sudah tidak gratis lagi bukunya).

Menurut saya pribadi cara mereka merupakan cara menjalankan bisnis yang unik dimana bisnis dan persaingan tidak harus selalu ditempuh dengan cara-cara licik dan tidak sehat. Bahkan dengan cara yang positif dan penuh passionate untuk menebar kebaikan bisnis dapat berjalan secara fantastis.

3 thoughts on “Berbagi Ala Zappos.com (resensi kecil dari Zappos Culture Book)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s