Smartphone Untuk Mendongkrak Kinerja Bisnis


Maraknya penggunaan smartphone memberikan alternatif “tool” untuk mendongkrak kinerja bisnis sebuah perusahaan. Smartphone yang pada hakekatnya adalah handphone cerdas yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan komputasi dasar, memberikan kemampuan komputasi mobile yang cukup powerful dan useful.

Dengan adanya Smartphone seperti BlackBerry, iPhone, Smartphone Symbian ataupun Smartphone Android menjadikan perusahaan dapat memiliki tool untuk komputasi mobile. Dengan komputasi mobile melalui smartphone para pekerja sebuah perusahaan dapat terhubung ke email perusahaan setiap saat, sehingga produktifitas dan alur informasi akan lebih lancar (walaupun ada isu terkait stress pekerjaan yang makin meningkat).

Aplikasi-aplikasi lainnya yang dikembangkan untuk smartphone dapat mendukung aktifitas bisnis perusahaan. Mulai dari situs jejaring sosial untuk informasi karyawan, Wiki, ERP (Enterprise Resource Program), GPS dan masih banyak aplikasi lainnya.

Di Negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika penggunaan Smartphone untuk aktifitas korporat sudah mulai diaplikasikan. Terlebih lagi dengan adanya teknologi Cloud Computing dimana aplikasi dan sistem komputasi dilakukan melalui server yang dapat terhubung melalui internet, peran smartphone makin potensial sebagai business tool.

Beberapa perusahaan mendapatkan daya ungkit bisnis yang cukup significant dengan menggunakan smartphone secara optimal untuk bisnis. Contoh kasus SERENA salah satu perusahaan perangkat lunak telah mengintegrasikan hampir seluruh aktifitas perusahaan dalam satu tampilan layar smartphone mulai dari target pemasaran, sampai berkomunikasi dengan seluruh  karyawan. Suatu langkah bisnis yang efektif dan efisien.

Tampilan All in One Business Dari Serena

Berbekal teknologi komputasi Cloud, aktifitas-aktifitas bisnis yang essensial dan perlu diakses secara real time dapat dibenamkan kedalam smartphone yang dimiliki seluruh karyawan perusahaan. Hasilnya ? kinerja bisnis meningkat seiring efisiensi dan efektifitas yang mampu dicapai.

Dalam bidang kesehatan dimana waktu merupakan suatu hal yang sangat penting, aplikasi smartphone memberikan banyak manfaat dan mampu memberikan peluang untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia. Aplikasi medis, informasi analisis kesehatan dapat diintegrasikan kedalam smartphone sehingga penanganan pasien akan lebih tepat dan cepat.

Bagaimana dengan di Indonesia apakah pemanfaatan smartphone sudah cukup optimal untuk mendongkrak bisnis suatu perusahaan atau mendongkrak kinerja sebuah lembaga institusi ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s