“Keluarga” BlackBerry di ruangan ; Lintas Generasi


Iseng-iseng mengambil foto beberapa Smartphone BlackBerry yang ada diruangan. Kebetulan ada beberapa rekan kerja yang baru beralih menggunakan smartphone cap “buah” buatan Research In Motion (RIM) Kanada.

Dari kiri ke kanan : BlackBerry seri 8700 (electron), Seri 8520 (Curve-Gemini), Seri Storm2 (Odin). Blackberry 8700 adalah generasi BlackBerry terjadul yang ada diruangan. Boro-boro touchscreen dan fitur Wi-Fi, untuk kamera dan Memori tambahan pun BlackBerry ini tidak memilikinya ^_^. Tapi kalau soal fitur “khas” BlackBerry-RIM berupa push e-mail dan Instant Messaging, saya pikir yang seri jadul ini tidak jauh beda dengan generasi BlackBerry yang baru, Gemini dan Odin.

BlackBerry 8700 ini memiliki desain body yang solid dan kokoh, cukup nyaman digenggam. Ukuran keyboard cukup nyaman untuk mengetik panjang dengan jempol. BlackBerry Gemini, 8520 memiliki fitur yang cukup lengkap, koneksi data dengan EDGE serta sudah mendukung WiFi. Kamera, eksternal memori serta multimedia sudah didukung oleh BlackBerry seri ini. Saya pikir ini BlackBerry yang cukup ideal disamping harganya yang lebih ekonomis dibanding BlackBerry baru lainnya. Paling kekurangannya terletak dibagian desain casing dan material yang terasa “plastik”. Bahkan dibandingkan seri jadul 8700, material 8520 terasa lebih “ringkih”. Tapi  hal ini cukup wajar mengingat sebetulnya 8520 ditujukan untuk para pemakai pemula BlackBerry yang cukup sensitif harga.

Terakhir Storm2 Odin, BlackBerry dengan layar sentuh..eh maaf bukan lebih tepat disebut sebagai “layar tekan”. Storm2 ini adalah adik dari Storm yang pertama. Storm2 ini diklaim memiliki perbaikan dari sisi interface layar yang lebih responsif dan lebih baik. Fitur koneksi nirkabel Wi-Fi sudah tertanam dalam gadget ini (Storm pertama belum mendukung koneksi data Wi-Fi).Tapi bagi saya pribadi pemakaian “layar tekan” di Storm2 ini memiliki kemiripan dengan menggunakan QWERTY thumbs keyboard konservatif khas BlackBerry.

Hem apapun BlacBerry nya yang penting tetap bisa produktif dan berkomunikasi secara mudah ^_^


3 thoughts on ““Keluarga” BlackBerry di ruangan ; Lintas Generasi

  1. Nice Kang, betul BlackBerry mau yang jadu sama yang sekarang fitur utamanya sama saja, bahkan lebih stabil dan lebih kuat justru model yang lama. saya pernah menggunakan BlackBerry 7290 bodynya sangat kokoh, 8700 selain body kokoh system nya sangat stabil, terakhir saya menggunakan 4.5.0.18 di BB 8700g saya, sekarang saya pakai 8320 OS 4.5.0.181 tapi system nya gak se-stabil 8700g dulu, mungkin harus upgrade lagi hehehe.

  2. @Kang Oki haturnuhun kang sudah mampir ^_^ maaf baru dibalas…wah Kag Oki pernah menggunakan BlackBerry 7290, classic ya kang ?

    @Faza terimakasih sudah mampir…salam kenal ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s