Bahkan Perusahaan Global Pun Hobi “NgeTweet”


Seorang manajer di DELL Computer yang berkaitan dengan konsumen awalnya melihat sebelah mata Twitter. Sebuah situs micro-blogging yang saat itu banyak digemari orang. Ternyata setelah DELL membuat account Twitter, respon dari para konsumen dan pelanggan meningkat sangat pesat. Trafik pengunjung ke blog DELL meningkat pesat. Bahkan pesan dan komentar langsung pun berdatangan ke account Twitter DELL.

Bahkan melalui fitur search Twitter, sang manajer tersebut dapat memantau topik perbincangan terhangat ataupun keinginan pelanggan terkait dengan barang-barang yang menjadi produk DELL, entah itu PC, Monitor ataupun Note Book.

Sungguh suatu informasi yang sangat berharga untuk perusahaan teknologi yang menjual computer secara langsung kepada pelanggan. Ujung-ujungnya DELL mampu memperbaiki kualitas produk dan layanan kepada pelanggan dan itu bagus untuk bisnis inti mereka.

Zappos retail online pun bertwitter


Lain halnya dengan Zappos toko retail online yang menjual sepatu, baju dan asesoris memiliki total penjualan tahun 2009 hampir $1 Miliar. Uniknya Zappos dengan biaya pemasaran yang nyaris nol, aktif menggunakan situs jejaring sosial untuk kampanye perusahaan. Dengan Twitter sebagai medianya @Zappos, mereka aktif menyuarakan pelayanan yang prima serta kepedulian terhadap pelanggan. Bahkan CEO Zappos, Tony Hsieh seringkali berpromosi tentang Zappos, yaitu sebuah perusahaan yang bukan hanya menjual sepatu tapi adalah perusahaan dengan layanan prima.

IBM menggunakan Twitter untuk komunikasi real time

DELL, IBM dan Zappos hanya sebagian kecil contoh perusahaan kelas dunia yang aktif menggunakan Twitter untuk mendukung bisnis mereka. Perusahaan kelas global lainnya turut juga menyemarakkan aktifitas tweet. Misalkan : Starbuck, Ford, Mayo Clinic.

Menurut seorang pakar pemasaran online, situs micro-blogging Twitter memang memiliki efek untuk menciptakan perhatian serta dapat mencari topik-topik yang sedang hangat, secara real time melalui fitur search di Twitter.
Menurut pendapat penulis pribadi, media jejaring social ataupun micro-blogging seperti Twitter adalah teknologi komunikasi. Tergantung bagi para pengguna jika digunakan dengan manajemen yang baik serta berimbang akan memberikan efek positif bagi bisnis, perusahaan bahkan secara personal sekalipun.

Bersiap menjadi Follower atau Following di Twitter ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s