Fakta Menarik Tentang Twitter


Twitter (www.twitter.com), situs yang memungkinkan kita berbagi pesan singkat 140 karakter, link web merupakan situs yang banyak digemari saat ini. Popularitasnya hampir setara dengan Facebook. Situs yang didirikan Juli 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey & Biz Stone ini sudah tumbuh secara signifikan sebagai salah satu kekuatan media yang besar.

  • Berikut beberapa fakta yang menarik :
    • Twitter sekarang memiliki 120 juta pengguna terdaftar.

    • 300.000 pengguna baru mendaftar setiap harinya.

    • 180 juta pengunjung dating berkunjung dating ke situsnya setiap bulan.

    • Twitter mendapatkan total 3 milliar permintaan setiap harinya melalui Application Programming Interface (API).

    • Secara keseluruhan pengguna Twitter mengirimkan rata-rata 61 juta tweet perhari. Dan rata-rata 20 Miliyar Tweet pertahun.

    • Mesin pencari Twitter menerima sekitar 600 juta pertanyaan pencarian setiap hari. Hasil pencarian Twitter yang “real time” sekarang menjadi bagian dari hasil pencarian Google dan Microsoft-Bing.

    • Dari para pengguna Twitter aktif , sekitar 37% menggunakan ponsel mereka untuk men-Tweet. Beragam aplikasi pun tersedia sebagai mobile Twitter client dalam berbagai platform (iPhone, Android,BlackBerry,Symbian,Java).

    • Karyawan Twitter tumbuh dari semula hanya 25 orang menjadi 175 orang.

    • Secara financial Twitter berhasil menggalang dana lebih dari $57 juta dari investasi spekulatif para pemodal venture. Berdasarkan dokumen pemasukan dan pertumbuhan Twitter yang dipublikasikan melalui Tech Crunch diperkirakan pada kuartal ketiga Twitter mencatat keuntunga sebesar $400.000 dan $4Juta pada kuartal keempat serta 25 juta pengguna pada penghujung tahun. Proyeksi pemasukan untuk tahun 2013 adalah sekitar $ 111 Juta.

Twitter yang merupakan situs “mikroblogging” telah mulai menunjukkan kekuatan sebagai salah satu kekuatan media online. Serta memiliki peranan penting terhadap bisnis sebuah perusahaan. Twitter dapat menjadi bagian dari tool perusahaan untuk membangun serta menjaga brand disamping sebagai media soft marketing untuk produk. Banyak perusahaan-perusahaan global yang menjadikan Twitter sebagai media marketing; Zappos, DELL, IBM, Ford adalah salah satu diantaranya. Di Indonesia, Java Musikindo, Indosat adalah sebagian perusahaan yang getol ngetweet sebagai bagian pemasaran.

Aktifitas marketing seakan mengalami pengembangan dengan tumbuhnya aktifitas pemasaran melalui situs media social, termasuk melalui Twitter ini. Bahkan fenomena Web 2.0 yang mulai diadopsi korporat memunculkan profesi baru Social Media Director ataupun lahan bisnis konsultasi media sosial.

Di Indonesia salah satu praktisi konsultan sosial media yang terkenal adalah bapak Nutfie Lukman serta ibu Iim Fahima dengan Virtual. Consultingnya.

follow me @wagenugraha ^_^

Sumber : Bloomberg BusinessWeek Agustus 2010.

3 thoughts on “Fakta Menarik Tentang Twitter

  1. Wah Mas Wage, saya masuk oldschooler dan conservatist kalau buat urusan breakthrough innovation macam Twitter ini.

    Skeptis habislah saya, setiap kali ada review, atau komentar yang secara sengaja atau tidak sengaja melakukan endorse terhadap sebuah produk berbau IT, maka secara refleks, saya langsung bertanya, ” Ini apa lagi ???”, ” Kalau saya pakai ini, bisa buat jualan apa ?”…

    Yah, begitulah. Dunia kecil menjadi lahan pelarian aktualisasi diri manusia yang merasa jenuh dengan dunia besar.

    Dunia kecil yang sangat dinamis, penuh dengan anonimitas, sekaligus kebebasan maya, sudah mewujud menjadi bentuk lain peradaban. Dan dunia besar yang semakin penuh kedok adab, terasa menjengkelkan buat banyak kalangan.

    Begitulah…..

  2. Terimakasih Mas Galih kunjungannya ke blog saya,

    Saya mengupas Twitter, kagum dengan ide dan kerja keras para pembuatnya, yang dari sebatas perusahaan pemula (start-up) produknya (Twitter) bisa bertarsnformasi menjadi salah satu bentuk media alternatif.

    Tapi setuju mas (msh ingat komen mas Galih di note FB) untuk menjadi alat produktifitas, setiap produk teknologi memerlukan kecerdikan para pengguna, agar tidak jadi snob. Hemm segala sesuatu memang harus didasari ilmu.

    Selamat menjalankan ibadah Ramadhan mas Galih, semoga makin melejit produktifitasnya, Amin

    Salam
    Wage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s