Prestasi Umat Islam Di Bulan Ramadhan


Ramadhan bukanlah bulan yang biasa-biasa saja. Bukan momen yang menjadikan Umat Islam lemah dan bersantai ria. Ramadhan adalah momen pembinaan dan penguatan, baik secara mental dan spiritual.

Dan sangat pantas jika kita melihat Ramadhan adalah bulan penuh prestasi. Bulan yang memberikan kekuatan berlebih bagi setiap muslim yang menjalaninya secara penuh keikhlasan.

Dari sisi prestasi kolektif umat Islam, sejarah telah mencatat di dalam Bulan Ramadhan terdapat berbagai peristiwa penting yang amat bersejarah. Disini, sejarah prestasi tersebut amatlah panjang.

Diantaranya :

• Perang Badar Kubra terjadi pada 17 di bulan Ramadhan tahun 2 hijriyah, peperangan pertama antara kaum musyrikin Quraisy dengan umat Islam.

• Fathu Makkah terjadi tanggal 21 bulan Ramadhan tahun ke-8 hijriyah, yaitu jatuhnya Mekkah ke tangan kaum muslim dengan tanpa pertumpahan darah. Momen ini menandai kemenangan Islam di Jazirah Arab yang diikuti dengan berduyun-duyunnya suku-suku Arab yang hendak memeluk Islam.

• Tersebar agama Islam pertama kali di negeri Yaman terjadi di bulan Ramadhan tahun ke-10 hijriyah.

• Perang Zallaqah terjadi pada bulan Ramadhan, tanggal 25 tahun 479 hijriyah.

• Perang ‘Ain Jalut terjadi pada tanggal 15 Ramadhan tahun 658 hijriyah, perang ini dalam rangka menghancurkan kekuatan Suku Tartar yang sebelumnya telah meluluh lantakkan Baghdad, dan atas ijin Allah SWT kaum muslimin mendapatkan kemenangan yang gemilang.

• Islam masuk ke Spanyol pertama kali pada 28 Ramadhan tahun 92 hijriyah, di tangan Thariq bin Ziyad padahal secara hitungan jumlah kekuatan, tentara Islam yang dimobilisasi ke Spanyol sangat kecil.

• Dan proklamasi 17 Agustus Bangsa Indonesia pun terjadi saat bulan Ramadhan.

Dan saya yakin sahabat-sahabat pun memiliki pencapaian-pencapaian prestasi luar biasa saat Ramadhan demi Ramadhan yang dilalui, InsyaAllah.

Mari bergerak bermujahadah mengukir prestasi bersama Kawan,

-Cianjur 5 Ramadhan 1431H-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s