Catatan Di Akhir Ramadhan 1431 Hijriyah


Bulan Ramadhan 1431 H ini tinggal beberapa hari lagi akan berakhir. Bulan yang sarat dengan keberkahan, ampunan serta pahala dari Allah SWT akan segera berakhir.

Senang bercampur bangga melihat geliat aktifitas kerohanian dan spritual Umat Islam sangat terasa kentara di bulan Ramadhan ini. Mesjid yang semula sepi menjadi ramai pada waktu malam dan subuh. Kajian-kajian keIslaman makin sering dilakukan di mesjid-mesjid besar, instansi ataupun di kampus-kampus. Setiap orang-orang yang saya kenal pun Alhamdulillah selalu merasa bahwa dalam bulan Ramadhan ini harus lebih menjaga sikap dan katakata.

Ramadhan adalah momen yang sangat berkesan bagi saya. Sejak dari kecil, belajar shaum di bulan Ramadhan, “ngabuburit” ke sawah saat bocah, bermain petasan yang membuat deg-degan adalah bagian kenangan masa kecil saat Ramadhan yang masih membekas sampai sekarang. Seiring dengan meningkat usia dan pemahaman mengenai Ramadhan itu sendiri, secara garis besar Ramadhan beserta ibadah yang disyariatkan (bak wajib dan sunnah) memiliki tujuan untuk membentuk umat yang bertakqawa. Suatu tujuan yang sepintas mudah diucapkan tapi berat untuk dipraktekan secara konsisten.

Di akhir Ramadhan ini tersisa sebuah perntanyaan dari saya, setelah melewati bulan Ramadhan ini apa yang telah kita dapatkan ? sampai dimana kita ?. Mungkin pertanyaan ini akan lebih baik jika kita renungkan bersama. Agar segala aktifitas di bulan Ramdhan ini bukan hanya sekedar ritual rutin  tahunan semata tapi juga akan menghasilkan karakter yang kuat bagi kita semua.

Semoga amal ibadah shaum Ramadhan kita, tadarus, i’tikaf, zakat fitrah akan membentuk karakter keimanan yang senantiasa merasa “diawasi” oleh Sang Khalik, Allah SWT. Yang pada ujungnya membuat kita lebih berhati-hati menjalankan hidup, dengan senantiasa mempertimbangkan hidup untuk berjalan dalam cara yang disukai oleh Allah SWT, bukan cara yang disukai oleh hawa nafsu kita.

Dan pada akhirnya juga keshalihan individu yang mungkin dapat dicapai melalui Ramadhan ini akan membentuk keshalihan kolektif secara sosial. Membentuk umat dan masyarakat yang lebih taat aturan, benci terhadap kemaksiatan dan dosa, lebih peka dan berempati terhadap kaum dhuafa, senantiasa berupaya melakukan kebaikan bagi banyak pihak. Dan akhirnya negara ini bisa besar dan kuat berkarakter karena dibangun oleh orang-orang shalih yang takut dan taat kepada Allah SWT, menjadi Rahmat bagi sekalian alam.

Semoga…, Amin

Mari kita bersama mengisi hari-hari terakhir di Bulan Ramadhan ini karena kita semua tidak tahu apakah kita masih bisa berjumpa dengan Ramdhan berikutnya.

Wallahu’alam Bishawab

Bandung 26 Ramadhan 1431 H

One thought on “Catatan Di Akhir Ramadhan 1431 Hijriyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s