Palm PDA; Old, Simple but (still) Powerful


Bagi yang hobi mengunakan perangkat komputer genggam (hand held) atau PDA di era awal tahun 2000 pasti masih ingat jenis PDA Palm. Sebuah perangkat komputer genggam yang memiliki penggemar cukup banyak saat itu.

Sebagai sebuah perangkat komputer genggam dengan sistem operasi Palm OS yang unik, PDA ini memiliki fungsi sebagai digital organizer, ebook reader, pengolah kata dan spreadsheet serta bisa dipasang beragam aplikasi third-party yang sangat beragam dan berguna.

Walaupun saat itu Palm banyak memproduksi PDA Stand Alone atau PDA yang betul-betul sebagai organizer tanpa memiliki kemampuan akses data tapi konsumen masih menyukai produk ini. Dengan kemampuan yang hanya sebatas PDA, Palm PDA masih bisa bertahan dari tipe-tipe PDA Phone yang memiliki sistem operasi Windows Mobile.

Fitur yang sangat unik dan terasa membantu dari PDA Palm ini adalah kemampuan PDA Palm untuk mengenali pola tulisan tangan melalui coretan stylus pada layar tulis. Pola tulisan tersebut dikenal dengan Grafitti. Tidak begitu sulit untuk mempelajarinya, begitu kita sudah terbiasa maka kita bisa menulis teks di PDA Palm secepat kita menulis di atas kertas. Cukup membantu saat mencatat hasil-hasil meeting.

Bahkan ada pengalaman menarik di suatu meeting, saya yang waktu itu menggunakan PDA Palm 500 menjadi perhatian para pengguna Nokia Communicator dengan fitur Grafiti di perangkat seukuran telapak tangan tersebut🙂 .

Palm Graffiti

Palm Pilot, Palm 500, Palm 505, Palm Tungsten Palm Zire, Life Drive adalah beberapa produk-produk laris dari Palm Inc. Perusahaan yang berbasis di California yang didirikan oleh Jeff Hawkins. Jeff adalah seorang technopreneur yang memiliki visi untukmenciptakan perangkat komputer genggam yang sederhana tapi sangat bermanfaat.

Sayang akhirnya Palm ini tidak bisa membuat terobosan-terobosan yang inovatif berikutnya ditengah persaingan industri komputer genggam (PDA) yang kian terkikis oleh Smart Phone. Akhirnya lambat laun Palm dan jajaran produknya makin hilang dari pasaran terlindas dominasi-dominasi Smart Phone seperti BlackBerry, Nokia di ikuti oleh dominasi iPhone Apple dan Smart Phone Android.

Memang dalam industri teknologi tinggi termasuk industri Smart Phone, Komputer Genggam life cycle produk termasuk singkat. Sehingga produsen dituntut untuk mengenali selera pasar dan membuat produk-produk yang inovatif. Sayangnya Palm mungkin agak lambat dalam merespon pasar yang sudah makin berubah.

Walaupun sempat juga Palm mengeluarkan seri Smart Phone berbasis Palm OS yaitu Palm Treo serta Palm Pre berbasis Palm Web OS, tidak mampu membalikkan posisi Palm. Sampai kabar terakhir Palm Inc dibeli oleh Hewlett Packard (HP).

Palm Handspring, Palm 505, Palm Zire, Palm Tungsten dan Palm Sony Clie (dari kiri-kanan)

Sebetulnya walaupun sudah jadul, komputer genggam Palm ini bagi saya masih terlihat menarik dan klasik🙂. Sebagai pencatat note, penyusun agenda, ebook reader untuk dokumen-dokumen PDF dan MS Words PDA Palm ini masih dapat berfungsi dengan baik.

Sampai sekarang saya masih menggunakan PDA Palm Zire 72. PDA Palm yang selain memiliki standar fungsi PDA Palm juga sudah dilengkapi dengan fitur multimedia, dengan tersedianya kamera built-in serta media players ; Real Player. Beragam aplikasi pihak ketiga untuk Palm OS juga dapat di pasang sebagai tools yang cukup berguna seperti Doc To Go, Palm Reader ataupun untuk hiburan seperti game Zuma.

Palm Zire 72

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s