Thinkpad, sebuah produk desain yang elegan


Mungkin sering kita melihat sebuah notebook atau komputer jinjing (Laptop) dengan bentuk kotak kaku berwarna hitam dengan logo unik. Kemungkinan besar notebook tersebut adalah IBM ThinkPad (sekarang sudah berganti menjadi Lenovo Thinkpad).

Sebuah produk laptop dari IBM yang mengedepankan sisi ketangguhan serta kenyamanan dalam menggunakan komputer. Bagi yang sering menggunakan Thinkpad pasti sudah kenal betul dengan kenyamanan keyboard yang disajikan laptop jenis ini. Aktifitas mengetik terasa sangat nyaman dengan desain keyboard yang cukup empuk dan terasa pas di ujung jari-jari tangan.

Thinkpad

Dan sampai sekarang pun saya masih setia menggunakan ThinkPad🙂. Padahal saat awal menggunakan ThinkPad sedikit sulit menggunakan track point pengganti mouse pad yang lazimnya ada di sebuah laptop.Tapi begitu terbiasa menggunakan trackpoint pada ThinkPad ini menjadi nyaman dan memudahkan, karena jari-jari tangan tetap diatas tombol keyboard.

Trackpoint ThinkPad

Walaupun terkesan kaku, ThinkPad ini memiliki desain yang kokoh dan terkesan solid. Banyak pengalaman para pengguna ThinkPad ini yang memberikan testimoni bagaimana bandelnya ThinkPad. Mulai yang jatuh, terinjak saat bekerja di lapangan dan pengalaman lainnya.

Tapi memang diawal ThinkPad didesain sebagai alat yang membantu produktifitas dan membidik segmen korporat. Sehingga sisi reliable dan ketangguhan menjadi salah satu sisi yang ditonjolkan dari produk ini. Banyak para perusahaan yang mempercayakan menggunakan ThinkPad sebagai alat komputasi yang mendukung aktifitas pekerjaan para pegawainya. Termasuk salah satunya para Astronot NASA.

Sejak beberapa tahun yang lalu merek ThinkPad dan desain khas ThinkPad menjadi bagian portofolio Lenovo, raksasa teknologi dari Cina. Setelah Lenovo mengakuisisi IBM divisi PC.

Ada yang bersedia berbagi pengalaman menggunakan ThinkPad ?🙂

(IBM ThinkPad R40 – Lenovo ThinkPad X100e)

2 thoughts on “Thinkpad, sebuah produk desain yang elegan

  1. ga pernah beli dan make, kang.. tapi mang ada cerita di balik akuisisi divisi PC-nya IBM ini. karena, si lenovo pengen mendunia. setelah dia mensponsori olimpiade internasional, di asia (saya lupa tahun berapa, pokoknya beberapa tahun sebelum mengakuisisi divisi PC-nya IBM), dia beli divisi itu sekaligus juga beli distribusinya IBM yang udah mendunia. sekalian sama,,heheheh,, si ThinkPad itu…

  2. Laptop pertamaku adalah sebuah IBM Thinkpad R52. Tangguh dan sangat bisa diandalkan. Tapi setelah hampir 5 tahun dipake, harddisk udah penuh (cuman 40GB) dan rasanya punggung bisa patah membawa laptop itu ke mana-mana… akhirnya ‘terpaksa’ ganti, walau laptopku itu masih lancar jaya (ada sedikit gangguan di start-up, tapi kalau sudah menyala… tidak ada masalah… jadinya laptop itu gak pernah dimatikan, hanya di-standby saat malam, dan dinyalakan lagi saat pagi :D)…

    Berpisah dari R52, tentu masih belum beralih dari Thinkpad… walau sudah menjadi Lenovo, tapi tim desain dan maintenance-nya masih dipegang IBM (melalui lisensi)… jadi, beli lah Lenovo Thinkpad X200 … jelas lebih ringan, dan jelas lebih cepat. :D…

    Mengenai Trackpoint… benda merah kecil itu justru salah satu fitur favoritku. Aku lebih suka menggunakan trackpoint daripada touchpad. Ya gak untuk semua kebutuhan sih, tapi secara umum aku lebih suka trackpoint :-)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s