Free e-Book “focus : a simplicity manifesto in the age of distraction”


eBook Focus ini dapat diunduh versi Free nya disini

Beberapa hari kemarin saya sering blog walking ke blog mnmlist.com, isinya banyak mengupas berbagai tip-tip seputar gaya hidup minimalis  yang produktif.

Sangat menarik bagi saya membaca tulisan-tulisan Leo Babauta yang mengangkat isu-isu produktifitas dan gaya hidup minimalis. Less is better menjadi tag line yang banyak dikampanyekan Leo Babauta ini. Begitu juga dalam hal pengelolaan aktifitas hidup. Di jaman informasi dimana aliran informasi saat deras dan cepat, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda aliran informasi yang deras bisa jadi sumber “gangguan”.

Nge-trendnya nya situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace ataupun Micro-blogging Twitter menjadikan kita “kecanduan” untuk selalu terkoneksi dengan internet setiap saat. Smartphone-smartphone keren dan memiliki fungsi multitasking seperti Apple iPhone, BlackBerry, Android, Nokia menjadikan kita dapat terhubung setiap saat ke dunia cyber. Dengan smartphone tersebut segala perangkat “komunikasi” tergabung menjadi satu e-mail, browser, instant messaging alhasil kita dapat berkomunikasi secara cepat dan dapat mengakses informasi secara kilat.

Tapi dampak negatif lain dari kemudahan mengakses informasi dari ujung jari adalah derasnya gangguan yang masuk ke depan mata kita. Disadari atau tidak biasanya terasa “gatal” kalau sehari tidak online. Terasa ada yang kurang jika sehari tidak update status di Facebook. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan akan sampai ke tahapan ketergantungan yang akut. Efek yang lebih parah bisa mengakibatkan sulit untuk berkonsentrasi dan mengurangi waktu-waktu produktif.

Ada tesis dari Leo Babauta dalam buku ini yang menarik bagi saya, bahwa agar memiliki waktu yang produktif untuk berkreasi kita dituntut untuk menghilangkan gangguan-gangguan, termasuk terhubun ke internet. Ada saat-saat terkoneksi ke internet dimana kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita dan mendapatkan berbagai informasi. Ada saat untuk melakukan sesuatu, membuat sesuatu yang dituntut kita fokus tanpa gangguan yang bisa memecah konsentrasi.

Bagaimana menurut pendapat anda ?


10 thoughts on “Free e-Book “focus : a simplicity manifesto in the age of distraction”

  1. Wah wah nampaknya Ustadz Wage ini sobatan sama Pak Roni Yuzirman TDA niy, sampe2 idolanya sama juga si suhu minimalis Kang Leo Babauta. Top dah!

  2. Wow, sama nih. aku juga suka ama zenhabits.net -nya Leo. Tips-tipsnya emang beda, bukan jenis gaya hidup mainstream yang hedonis kaya sekarang. Tapi lebih meaningful menurutku. Thanks buat link free ebooknya.

  3. Terimakasih banyak atas kunjungannya mas Ikhwan Alim, mas Wagiyo dan mas Akhlis,

    @mas Akhlis tulisan2 Leo Babauta memang mantap..minimalis life style dan tetap produktif

  4. Awalnya saya getol dan gandrung banget sama yang namanya FB
    (meski gak sampe beli BB hanya untuk OL di FB atau nge-tweet).
    Tapi lama-lama saya bosan juga, karena merasa tidak ada lagi yang
    saya dapatkan selain perkembangan (update) terbaru dari teman-
    teman.

    Mungkin, bila sudut pandang kita dalam menggunakan media sosial
    (dan piranti-piranti pendukungnya) adalah sebagai ‘alat’, bukannya
    sekedar ‘status’ atau ‘tanda eksistensi diri’, derasnya ‘pengalih perhatian’
    bisa kita hadapi dengan baik: dengan tidak OL kalau tidak membutuhkan.

    Allahu’alam bishowwab.

    1. terimakasih kunjungannya t’Ales,
      betul teh setuju, untuk media sosial terkadang memiliki “jebakan” adict🙂 , menggunakannya secara proporsional akan lmengurangi efek media sosial menjadi “noise” padahal jika digunakan secara seimbang ada manfaat yang bisa diambil.

      tidak selalu harus OL, betul t’Ales itu salah satu pointnya, di buku Focus tsb ada bab “The Beauty of disconnection”..he2 saya juga sedang mencoba mengurangi porsi OL niy teh,

      Salam

  5. Pingback: Fokus | Fractal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s