Kiprah Duo Dynamic Di Panggung Korporasi


Menarik mengamati banyak organisi-organisasi global terutama dalam bidang bisnis yang dimotori oleh “Duo Dynamic”,. Duo dynamic ini mampu berbagi kepemimpinan dan tugas yang sangat efektif menjalankan roda perusahaan. Mereka saling menyeimbangkan dan bergerak saling menguatkan. Walaupun terkadang bisa juga muncul “friksi” akibat bentrokan visi dan ego yang terlalu bertolak belakang.

Biasanya para “Duo Dynamic” ini memiliki keahlian yang komplemen, saling melengkapi. Perpaduan keahlian dari para pemimpin seperti ini (yang biasanya memiliki passion kuat yang sama) menjadikan organisasi bisnis mampu tumbuh berkembang, membentuk budaya yang unik.

Berikut diantaranya perusahaan-perusahaan global yang dibesarkan oleh sinergi positif Duo Dynamic.

1. Steve Jobs & Steve Wozniak di Apple Computer.

Steve Jobs dan Steve Wozniak Saat Meluncurkan Apple II

Steve Jobs dan Steve Wozniak Saat Meluncurkan Apple II

Walaupun sekarang Steve Wozniak sudah tidak di Apple Inc, tapi disaat berdirinya Apple duo Steve Jobs & Wozniak menjadi legenda di Silicon Valley. Steve Jobs yang ekstrovert piawai dalam menjalankan bisnis Apple mulai tahun 1976, visi, strategi, desan produk banyak di gagas Steve Jobs. Steve Wozniak hacker yang berbakat, banyak berdiri dibelakang pengembangan produk-produk Apple tahap awal. Desain yang elegan mampu direalisasikan oleh Wozniak dengan keterbatasan hardware yang ada disaat itu. Menjadikan komputer-komputer Apple terlihat lebih maju dibanding produk kompetitor. Maka jadilah produk Personal Computer Apple II, Apple III sukses besaran di era akhir 70-an dan awal 80-an. Menjadikan Apple sebagai perusahaan yang kemilau saat itu. Waktu berubah, akhirnya Wozniak keluar dari Apple. Adanya konflik internal menjadikan Steve Jobs keluar dari Apple Computer. Jadilah Apple Computer seperti anak ayam kehilangan induknya, perusahaan tersebut mengalami krisis sampai nyaris bangkrut. Walaupun akhirnya tahun 96 Steve Jobs kembali ke Apple dan mampu membalikkan Apple menjadi perusahaan yang disegani.

 

 

2. Larry Page & Sergey Brin ; Google Inc

Sergey Brin dan Larry Page

Sergey Brin dan Larry Page

Siapa yang tidak kenal dengan layanan Google. Jutaan pengakses internet menggunakan layanan Google terutama fitur pencariannya yang dirasa masih yang terbaik sampai saat ini. Layanan web dan produk lainnya seperti GMail, GTalk, Browser Google Chrome, banyak menyedot para pemakai internet. Perusahaan raksasa internet ini digawangi oleh dua anak muda lulusan Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Pertemuan mereka pada awalnya disebabkan kecocokan debat bermutu, terkait banyak hal terutama algoritma pemrograman dan search engine. Akhirnya Larry Page yang lebih kalem mendapatkan “chemistry” yang cocok dengan Sergey Brin. Di tangan dua sahabat ini, Google yang semula proyek kecil membuat mesin pencari internet yang lebih baik, mampu bertransformasi menjadi raksasa internet dengan segala pro dan kontra. Di Google Larry Page berperan sebagai penaggung jawab pengembangan produk. Brin yang energik serta piawai berkomunikasi banyak menangani strategi bisnis perusahaan.

3. Mark Zuckerberg, Sheryl  Sandberg ; Facebook

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

 

Sheryl Sandberg

Facebook melejit dan menuai kesuksesan menarik banyak user sampai mencapai lebih dari 550 juta pengguna, suatu jumlah yang fantastis untuk perusahaan internet yang baru berumur beberapa tahun. Mark Zuckerberg mengembangkan Facebook saat sejak masih menjadi mahasiswa Harvard (kisah Facebook ini diangkat menjadi tema film “The Social Network”). Dengan fitur social media yang lebih disukai, Facebook tumbuh berkembang. Selanjutnya Sheryl Sandberg bergabung dengan Facebook, mengembangkan Facebook dari sisi bisnis dan monetisasi layanan Facebook. Sedangkan Mark tetap fokus dengan pengembangan layanan. Sheryl  Sandberg yang sebetulnya tidak memiliki background pendidikan teknologi, tapi ternyata mampu mengembangkan perusahaan teknologi seperti Facebook. Karakter hangat dan supel dari heryl mampu menyeimbangkan karakter Mark Zuckerberg, yang merupakan seorang hacker introvert.

Dan masih banyak lagi organisasi bisnis global dan lokal yang mampu tumbuh berkembang ditangan pemimpin Duo Dynamic.

Kesamaan passion, visi serta kemampuan yang saling melengkapi plus sinergis yang ada menjadikan para Duo Dynamic ini mampu melejitkan organisasi bisnis yang mereka pimpin. Walaupun friksi mungkin akan tetap ada tapi dengan semangat “Less Ego and More We Go” para Duo Dynamic ini memiliki kesempatan lebih besar untuk menggapai kemajuan yang lebih.

Bagaimana pendapat anda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s