Tablet PC, perlukah ?


Tahun 2010 dan 2011 dapat dikatakan era produk Tablet PC. Diawali dengan dirilisnya produk iPad oleh Apple Inc, memicu gelombang produk-produk Tablet PC dari vendor lainnya. Mulai dari Tablet PC yang didesain dengan elegan sampai Tablet PC merk Cina yang terkesan dibuat secara “kasar”. Mulai dari harga kisaran 7 juta rupiah sampai 1 juta-an.

Dengan produk iPad, Apple Inc menuai hasil yang fantastis. Maka tidak heran banyak vendor lain semisal Acer, Asus, Dell, Samsung yang ingin turut bermain dipasar “Internet Mobile Device”. Sebenarnya di awal tahun 2000, beberapa vendor sudah pernah merilis Tablet PC yang berbasis Microsoft Windows, tapi kelihatannya kurang menuai sukses dipasaran. Karena kurang interaktif dan tidak khusus diperuntukkan sebagai “mobile device”.

Pasar Tablet PC pun menjadi ajang “pertarungan” sistem operasi perangkat “mobile”; mulai dari iOS, Android, Windows 7.

Beberapa hal yang turut mendongkrak Tablet PC menjadi “gadget” yang cukup diminati konsumen adalah tampilan user interface yang menarik serta tersedianya ragam aplikasi yang banyak serta menarik. Ditambah lagi pasar notebook dan netbook yang sudah mulai jenuh.

Menurut penulis, Tablet PC yang beredar dipasaran sekarang adalah piranti “mobile” untuk mengakses data atau aplikasi tertentu. Sehingga lebih tepat Tablet PC digunakan untuk mengakses konten. Kurang nyaman jika digunakan untuk aktifitas komputasi yang standar seperti menyusun laporan atau mendesain web. Sehingga pada akhirnya Tablet PC adalah piranti pelengkap terhadap alat-alat komputasi seperti PC, notebook atau smartphone yang lazim kita gunakan.

Jadi tinggal kita menimbang apakah kita benar-benar membutuhkan gadget ini? atau hanya sebatas alat untuk have fun saja.

Bagaimana pendapat anda ?

2 thoughts on “Tablet PC, perlukah ?

  1. Emang sih bener Ustadz Wage, klo Galaxy Tab itu cocoknya diperlakukan kaya perpustakaan berjalan (dengan koleksi ribuan buku-buku tebal) dan sangat membantu untuk simpan contekan pada saat kita presentasi, Btw untuk keperluan baca-baca di tempat tidur jauh lebih enak pake tablet daripada pake PC.

  2. Setuju bang! enaknya buat baca ebook saja kok.., fasilitas web juga tetap lebih mumpuni PC lah, office apalagi. hiks..klo tau gini mendingan beli macam kindle fire aja deh yg lebih murah -___-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s