Janji Komputasi Awan


Skema Komputasi Awan (dari Wikipedia)

Skema komputasi awan sumber; Wikipedia

Perkembangan teknologi informasi dan internet makin berkembang dengan pesat. Teknologi nternet serta penggunaan perangkat-perangkat komputasi (mulai dari smartphone, PC, notebook, tablet) hampir tidak dapat terlepas dari kegiatan keseharian masyarakat maju. Ketersediaan akses internet yang terjangkau dan berkualitas baik  makin meluas di masyarakat. Termasuk juga di Indonesia, walaupun di Indonesia tingkat penetrasi internet pita lebar masih relatif tertinggal dari kebanyakan negara Asia Tenggara. Tapi secara umum infrastruktur serta teknologi informasi komunikasi di negara ini makin berkembang. Awareness masyarakat serta pelaku bisnis terhadap teknologi informasi untuk produktifitas makin kuat.

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, secara bertahap memberikan perubahan-perubahan terhadap aktifitas masyarakat yang penting, termasuk dalam aktifitas bisnis. Bagaimana peran teknologi informasi dan komputasi untuk melejitkan bisnis serta kehidupan yang lebih mudah, senantiasa menjadi isu yang terus digali dan dikemabngkan menjadi sesuatu inovasi.

Satu isu yang menarik untuk disimak adalah perkembangan teknologi Komputasi Awan (Cloud Computing). Suatu istilah yang ditujukan untuk aktifitas komputasi dengan menggunakan resource komputer jaringan internet yang superluas. Dengan teknologi Komputasi Awan user dapat menggunakan beragam aktifitas komputasi berbasis web melalui jaringan internet yang menyediakan resource komputasi yang sangat luas.

– Cloud computing is a model for enabling convenient, on-demand network access to a shared pool of configurable computing resources (e.g., networks, servers, storage, applications, and services) that can be rapidly provisioned and released with minimal management effort or service provider interaction.

Beragam aplikasi, aktifitas menyimpan data-data, mengolah data dapat dilakukan melalui perangkat dan jaringan Cloud, perusahaan penyedia jasa teknologi Komputasi Awan.

User dibebaskan dari pemeliharaan rutin, penyediaan hardware dan aktifitas rutin teknologi IT di sebuah perusahaan yang lazim. User bisa mempercayakan perawatan, pemeliharaan, keamanan kepada provider Komputasi Awan. Analoginya seperti kita mengkonsumsi listrik dan air melalui PLN dan PDAM, kita tidak harus memiliki instalasi listrik atau air sendiri, tapi cukup berlangganan dan membayar sesuai pemakaian.

Efisiensi dan efektifitas memang aspek yang coba ditawarkan Komputasi Awan. Perusahaan bisa menghemat biaya pemeliharaan hardware, menghemat pembelian data storage, pembelian software yang mahal. Hampir semua dapat di alihkan kepada perusahaan penyedia Komputasi Awan. Energi dan fokus perusahaan bisa lebih dicurahkan untuk aspek strategis yang menyangkut core-business perusahaan.

Di tingkat korporasi global, Amazon.com, Google, Microsoft adalah pemain utama di bidang bisnis Komputasi Awan. Para giant-tech ini menawarkan layanan Komputasi Awan yang menyasar segmen korporasi (business to business) dan memegang 95% pangsa pasar. Jaringan kedai kopi global ; Starbucks dan Kraft Foods adalah beberapa pendukung layanan Komputasi Awan Microsoft mencakup Office versi internet serta Azure, platform peranti lunak bisnis (BusinessWeek Maret 2011).

Selain para Giant Tech diatas tedapat perusahaan yang cukup berhasil menawarkan aplikasi berbasis Komputasi Awan yang dipasarkan secara pay per use dan based on subscription. Salesforce.com, perusahaan tersebut cukup berhasil menarik minat para pengguna aplikasi Customer Relationship Management (CRM).

Di tingkat nasional, Biznet serta Telkom adalah perusahaan yang memulai menawarkan produk Komputasi Awan yang mendukung bisnis. Kelihatannya yang menjadi fokus konsumen untuk Komputasi Awan tanah air adalah segmen bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah), yang dapat mengalih dayakan kebutuhan komputasi melaui Komputasi Awan.

Sejauh mana Komputasi Awan memberikan value yang lebih ? kemudahan, kepraktisan, efisiensi dan efektifitas menjadi daya tarik Komputasi Awan. Pemeliharaan, pengadaan rutin sarana-sarana komputasi di sebuah korporasi merupakan cost production dan energy consumption yang cukup besar. Teknologi Komputasi Awan menjadi alternatif menarik.

Akan tetapi di sisi yang lainnya faktor keamanan, reliabilitas serta implementasi menjadi titik kritis dari Komputasi Awan ini. Mempercayakan teknologi komputasi yang mendukung bisnis suatu perusahaan adalah suatu langkah strategis yang memiliki resiko. Faktor keamanan yang ekstra beserta daya tahan yang tinggi diperlukan, mengingat dengan melangkah ke Komputasi Awan ini menjadikan jaringan teknologi komputasi kita berada di area eksternal perusahaan pemakai.CEO Zappos Tony Hsieh di memoar nya Delivering Of Happiness menuliskan “sangat beresiko jika kita melakukan out source aspek utama bisnis kita”.

catatan :

Link menarik mengenai Cloud Computing dan Mobile Communication dapat dilihat disini.

 

3 thoughts on “Janji Komputasi Awan

  1. Senang sekali adanya penjelasan CLOUD COMPUTING diatas. sangat diharapkan bahwa masyarakat Indonesia sudah berlari ke teknologi baru yaitu Cloud Computing. Benar sekali seperti kutipan di atas. bahwa dengan menggunakan teknologi cloud computing ini segalanya akan lebih praktis, lebih efisian. dan tentunya akan menghemat biaya. Hal ini akan lebih menguntungkan untuk para perusahaan-perusahaan besar. Dan sekarang tentunya diharapkan sumber daya manusia yang bisa menjalankan teknologi baru tersebut.

    Marketing Team, Institute of Technology Purwadhika Nusantara

  2. Tapi buat sebuah perusahaaan strategis/besar atau buat goverment apa kita yakin data kita akan aman dan tidak dicuri jika data sepenuhnya kita serahkah kepada layanan komputasi awan🙂

    1. Iya betul, salah satu isu dari Cloud ini isu security,sehingga para penyedia Cloud harus menyediakan sistem keamanan yang reliable,

      Haturnuhun kunjungan ke blog na🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s