“Sharing Workspace Office”; kantor bersama


Workspace via Businessweek slide show

Ada sebuah fenomena yang unik walaupun mungkin di Indonesia belum begitu familiar, yaitu maraknya  “kantor” yang digunakan bersama oleh sekelompok orang untuk bekerja. Kantor ini tidak selalu berupa gedung kantor formal yang disewakan dengan mahal, konsep “workspace” ini agak berbeda. Cukup sebuah ruangan dengan meja kerja yang nyaman, akses internet, telepon, listrik dan kopi🙂. Sisi lain yang unik adalah “kantor” ini dapat digunakan bersama dengan pembayaran fleksibel. Bisa membayar sewa bulanan ataupun harian.

Tempat kantor seperti  ini cocok untuk para “freelancer”, pengusaha kecil ataupun para pekerja industri kreatif. Adanya komunitas pegawai yang informal di “kantor” bersama ini membantu menyegarkan suasana kerja, dengan adanya interaksi berbagi ide. Umumnya yang biasa menggunakan area kerja atau budaya kerja seperti ini biasa disebut sebagai “Coworking“, yaitu sekumpulan pekerja atau self employee yang sering menggunakan ruang kerja informal atau SOHO.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika sebuah perusahaan tertentu menggunakan sharing workspace office, tentunya dengan kebijakan yang disesuaikan. Yang tentunya dengan menggunakan sharing workspace sebagai kantor tetap atau tidak tetap suatu perusahaan dapat memberikan budaya baru yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan efisiensi. Tentunya hal ini tidak berlaku untuk semua perusahaan, menurut penulis ada beberapa bidang perusahaan tertentu yang memungkinkan menggunakan sharing workspace seperti ini.

Budaya kerja seperti ini ternyata menghasilkan peluang bisnis ataupun geliat bisnis baru, berupa penyediaan Sharing Workspace bagi para pekerja freelance serta inkubasi bisnis ditempat tersebut. Businessweek pernah mengupas tentang The Summit Cafe yang menjadi tempat ngumpul para pekerja “techie” serta inkubator bisnis bagi para UKM.

Menarik sekali jika hal ini diterapkan di Indonesia. Sebagai negara yang cukup memiliki potensi besar untuk pengembangan industri kreatif yang salah satunya bidang pengembang aplikasi komputer, web dan bidang-bidang “techie” lainnya, bisa diupayakan terdapat suatu area inkubtor bisnis yang berupa area kerja “Sharing Workspace”.

Sepengetahuan penulis, di Bandung sudah ada Hackerspace yang digagas FOWAB (Forum Web Anak Bandung) sebagai salah satu tempat berkumpul dan berkreasi para pelaku usaha kreatif, pengembang aplikasi, start-up’ers bahkan penulis. Atmosfir yang sehat serta stimulasi sinergi dan kolaborasi sangat diperlukan untuk mengembangkan komunitas kreatif yang penuh produktifitas.

Jadi teringat jargon seorang mantan Managing Director Cisco yang sekarang menjadi Dirut PT INTI Bandung, “Work isn’t a place, It is an activity”.

 

Via Businessweek

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s