“Paper Works” dalam Industri


image

Pekerjaan yang berhubungan dengan paper works biasanya pekerjaan yang datar cepat membuat bosan, tapi dalam industri yang menetapkan standar produk tertentu hal ini tidak bisa dipisahkan.

Dalam industri biasa dikenal Prosedur Baku, Spesifikasi ataupun Protokol yang mendokumentasikan semua jenis pekerjaan ataupun karakter produk. Semua sistem ini membangun Sistem Mutu yang berfungsi menjaga kualitas produk dan pekerjaan yang konsisten. Dan aktifitas paper works merupakan komponen dari Sistem Mutu yang dibangun dalam sebuah perusahaan.

Bisa dibayangkan jika suatu metode pekerjaan tidak terstandar & terdokumentasi dengan baik ?. Alhasil pekerjaan yang dilakukan memiliki kualitas yang beragam tidak terstandar. Tentunya hal ini menjadi masalah kekonsistenan kulitas produk.

Walaupun terkesan kaku, sistem mutu yang dibentuk memerlukan inovasi dan penerapan yang luwes serta efektif, agar hasilnya benar-benar meningkatkan produktifitas. Idealnya sistem yang dibangun tetap memerlukan “sentuhan inovasi” agar tetap bisa berkembang.

Bidang industri farmasi, bioteknologi, manufaktur termasuk bidang industri yang dengan “taat” menganut pola sistem seperti ini, “tuliskan dengan benar apa yang dilakukan, lakukan dengan benar apa yang dituliskan”.

Topik postingnya terdengar tidak menarik mungkin?🙂 mari kita ngopi dulu biar segar.

Catatan kecil setelah “bongkar-bongkar” file cGMP, ISO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s