Lenovo dan kampanye “For Those Who Do”


Banyak cara untuk memasarkan suatu produk. Tidak melulu menawarkan tentang spesifik dan keunggulan produk tapi bisa dengan jalan lain yang “embeded” atau di asosiasikan dengan produk yang ditawarkan. Bahkan dengan jalan ini emosi konsumen bisa tersentuh dan brand produk akan mendapatkan perhatian lebih. Hemm maka tidak salah marketing adalah sebuah seni yang melibatkan berbagai keterampilan dan berbagai sisi kecerdasan🙂.

Para perusahaan besar yang mencoba mendifferensiasikan produknya biasanya jarang hanya dengan polosnya mempromosikan spesifikasi suatu produk. Biasanya menggunakan asosiasi ataupun hal-hal yang dapat diasosiasikan secara cerdas dengan produknya. Saya jadi teringat tag line promosi Apple saat awal-awal kembalinya Steve Jobs yaitu : Think Different. Yang mengasosiasikan produk Apple dengan icon-icon dunia yang mampu menorehkan perubahan, walaupun yang pasti mereka tidak pernah menggunakan produk-produk Apple. Atau Cisco System perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang router internet, CEO Cisco John Chambers tidak menawarkan semata-mata routers internet dan sejenisnya tetapi menawarkan hal yang lain. Produk-produk Cisco diposisikan sebagai tools untuk membuat kekuatan Human Network. Facebook jejaring sosial media terbesar,  alih-alih sebagai sosial media yang “gaul” memposisikan diri nya sebagai media yang dapat merubah cara orang berinteraksi dan berkomuikasi.

Saya tertarik dengan Lenovo, produsen PC global dari Cina yang mengkampanyekan Lenovo For Those Who Do. Suatu kampanye Lenovo yang memposisikan produk-produk PC dan variannya, sebagai alat produktifitas bagi para inovator atau  insan kreatif. Dalam kampanye nya Lenovo memberi istilah para inovator dan orang-orang kreatif sebagai “The Do’ers”. Melalui kampanye nya Lenovo banyak menggandeng para inovator ataupun pelaku bisnis sebagai endoser produk Lenovo mulai dari pencipta Jetpad, pemilik restoran. Melalui kiprah para inovator dan orang-orang kreatif tersebut, brand image produk Lenovo seperti Thinkpad, IdeaPad ataupun Tablet Lenovo akan makin menguat di mindset segmen pasar yang dibidik Lenovo. Tentunya dalam hal ini adalah para pelaku industri kreatif, peneliti , pengusaha atau pu The Do’ers versi Lenovo lainnya.

Selain itu Lenovo For Those Who Do menawarkan semacam sayembara ide-ide inovatif yang belum pernah dikerjakan sebelumnya melalui situs Lenovo Do network.

Gambar Via AddSoftTheWord

Dalam percaturan bisnis teknologi terutama PC yang sudah crowded memang mutlak diperlukan strategi-strategi pemasaran yang jitu. Lenovo yang secara head to head bersaing dengan vendor-vendor global lainnya seperti Acer, DELL, HP memerluka jurus jitu yang mampu memperkuat mindset konsumen dan brand image produk.

Sebetulnya kampanye Lenovo ini merupakan langkah positioning produk-produk Lenovo dengan mengambil isu tentang alat produktifitas yang cocok bagi para inovator dan pelaku industr kreatif. Cukup cerdas menurut saya, karena memang kalangan ini yang banyak menggunakan komputer dan variannya sebagai alat bekerja.

Keterangan : Lenovo adalah produsen PC dari Cina yang memilii pangsa pasar cukup besar dalam skala global, mengakusisi Divisi PC IBM sehingga Brand  Notebook ThinkPad menjadi salah satu icon Lenovo.

Posting blog ini bukan iklan Lenovo lho, hanya sebatas studi kasus  marketing produk yang cukup  menarik bagi penulis untuk diangkat jadi bahan tulisan🙂.

4 thoughts on “Lenovo dan kampanye “For Those Who Do”

  1. Wah.. Siapa tahu tulisan ini akan dipilih oleh Lenovo sebagai the another Do-ers untuk dimasukan dalam daftar mereka… Nice sharing, great article… Keep it up.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s