Image

Sketsa


Mencoba membuat sketsa area kerja yang biasa saya gunakan, terutama untuk area kerja untuk penelitian. Walau penelitian yang sedang dilakukan adalah bidang sains tapi untungnya aktifitas yang dikerjakan banyak aspek analisis data dengan aplikasi komputer. Biasa orang-orang menyebutnya studi In-Silico, mirip dengan istilah In-Vitro. Aktifitas studi In-Silico cukup membutuhkan workstation baik desktop atau laptop dengan spesifikasi yang memadai. Koneksi internet yang stabil dan cukup ngebut. Aktifitas yang umum dilakukan pada In Silico adalah mengunduh data- data serta melakukan analisis dengan beragam metode sesuai dengan tujuan penelitian. Bisa menggunakan metode BLAST untuk melihat kemiripan sebuah susunan protein atau DNA misalnya.

Banyak aplikasi desktop ataupun web service yang dapat mempermudah kelancaran studi In-Silico misalkan situs NCBI atau aplikasi desktop Geneious.

20121020-172349.jpg

Dan bagi saya aktifitas penelitian In-Silico menjadi menyenangkan karena bisa dilakukan sambil nyeruput kopi panas kesukaan 😃.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s