Prezi : Media Presentasi Yang Unik & Menarik


Aktifitas presentasi menurut saya adalah suatu aktifitas yang penuh tantangan. Bagaimana kita bisa menyampaikan pesan secara efektif kepada khalayak dan mendapat perhatian mereka.

Peran multimedia memang cukup memberikan nilai tambah dalam memberikan presentasi yang menarik. Saya sendiri masih ingat di pertengahan tahun 90-an slide projector merupakan gadget yang cukup populer untuk presentasi. Selanjutnya dominasi presentasi dengan bantuan multimedia dan software komputer menjadi populer. Bahkan sekarang sudah terdapat perangkat mobile yang bisa digunakan untuk presentasi. Tentunya dengan software & piranti tambahan.

Seorang pelaku bisnis dan pemimpin sebuah perusahaan teknologi tinggi dikenal dengan kepiawaiannya menyampaikan suatu presentasi yang elegan dan outstanding. Salah satu ciri presentasinya adalah menampilkan presentasi yang story telling dan membangun “emosi” uang kuat dengan audiens.

Saya sendiri sepakat dengan ide kesederhanaan, alur cerita yang dibangun secara menarik agar dapat menyajikan suatu presentasi yang memukau. Dan tentunya itu semua dibangun juga melalui jam terbang yang tinggi.

Adalah Prezi, media presentasi alternatif dibandingkan piranti lunak yang sudah ada. Ide yabg mencoba di usung oleh Prezi ini adalah mencoba “memaksa” pengguna untuk menyusun presentasi dalam suatu alur cerita yang menarik.

Pengguna Prezi akan “dipaksa” menyusun slude presentasi dalam kata-kata yang tidak terlalu panjang, apalagi jika sampai satu paragraf. Alur zoom in-zoom out dan penyediaan ruang teks yang cenderung minimalis, akan memaksa pengguna Prezi untuk mendesain presentasi dengan suatu alur cerita.

Memang gaya presentasi yang ditawarkan oleh Prezi ini agak berbeda dibandingkan software presentasi mainstream yang sudah dikenal luas. Tapi jika ingin mencoba menampilkan gaya presentasi yang berbeda dan lebih menarik, layanan Prezi ini layak untuk dicoba.

20130316-230834.jpg

Untuk bisa menggunakan layanan Prezi ini kita sebelumnya harus membuat account di situs Prezi. Selanjutnya kita bisa membuat konten presentasi dan menyimpan secara online konten presentasi kita. Terdapat juga contoh-contoh presentasi Prezi yang menarik dan bisa dijadikan contoh.

Terdapat juga aplikasi Prezi viewer untuk perangkat bergerak. Untuk membuat konten Prezi secara off line tanpa koneksi internet tersedia desktop software yang dapat diunduh. Layanan ini tersedia secara gratis dalam versi Pro selama 30 hari. Untuk memperpanjang fitur pro tersedia biaya subscribe. Tapi ada alternatif lainnya jika masih ingin mendapatkan fitur pro dari Prezi kita bisa membuat account baru lagi 😃.

Selamat mencoba “ngotak-ngatik” Prezi untuk membuat presentasi yang lebih keren.

One thought on “Prezi : Media Presentasi Yang Unik & Menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s