Satu minggu menggunakan e-book reader Kindle Paper White


Books are the quietest and most constant of friends; they are the most accessible and wisest of counselors, and the most patient of teachers.
Charles William Eliot

Hampir satu minggu saya menggunakan <em e-book readerKindle Paper White. Perangkat Kindle tersebut saya gunakan untuk membaca koleksi-koleksi e-book serta dokumen digital yang selama ini terkubur dalam hard disk Macbook Pro.

Dengan perangkat e-book reader banyak membantu untuk membaca konten digital secara lebih nyaman dan ringkas. Saat bepergian saya bisa membawa banyak buku (dalam format digital) dan membacanya dengan lebih nyaman melalui layar e-ink Kindle.

E-book reader besutan Amazon ini saya rasa memiliki banyak kelebihan dari segi desain serta fitur-fiturnya.

20131102-075608.jpg

Desain yang kompak, ringan tapi kokoh layar sentuh yang responsif, serta teknologi layar e-ink yang nyaman untuk membaca konten digital menjadikan Kindle Paper White ini (bagi saya) merupakan perangkat baca digital yang cukup ideal. Berbeda saat membaca konten digital melalui perangkat tablet dengan layar TFT ataupun layar komputer, membaca konten digital dengan Kindle Paper White ini memberikan rasa nyaman. Mirip dengan membaca buku yang berwujud fisik kertas dan tinta.

Daya tahan baterai yang lama serta daya dukung format digital e-book
.pdf, .mobi, .doc menambah nilai untuk Kindle Paper White.

Jika akan merubah format konten digital menjadi format yang sesuai untuk Kindle, kita bisa mengotak-ngatik merubah format dengan perangkat lunak yang tersedia untuk PC Windows ataupun Mac. Perangkat konversi format digital yang direkomendasikan salah satunya adalah Calibre.

Walaupun layanan toko buku Amazon sangat terbatas di Indonesia, kita bisa memindahkan konten dokumen digital atau e-book yang ada di komputer kedalam Kindle Paper White. Dengan cara yang mudah ; drag &drop la voilla file dokumen digital yang akan kita baca sudah tersimpan dalam Kindle dan siap dibaca kapan pun juga.

20131102-080703.jpg

20131102-080757.jpg

Kindle Paper White ini memiliki fitur peramban (browser) yang sangat sederhana dan menurut saya tidak terlalu fungsional. Dengan menggunakan koneksi Wifi kita bisa terhubung ke situs internet. Salah satu fungsinya adalah terhubung ke situs Amazon atau situs lainnya yang menyediakan e-book untu diunduh.

Pengalaman menggunakan Kindle ini seakan mengulang kembali pengalaman dulu, membaca konten digital melalui PDA Palm 505 dengan tampilan layar hitam-putih & grey scale. Cuma tentunya membaca dengan Kindle ini memberikan pengalaman lebih nyaman dalam membaca buku digital.

5 thoughts on “Satu minggu menggunakan e-book reader Kindle Paper White

    1. bu Peni alternatif ebook reader yg bisa baca .epub dengan tampilan layar e-ink adalah : Koboo Reader, demikian sekilas infonya 🙂

      1. saya sebetulnya udah punya, sih. saya pake iRiver karena lengkap. bahkan format .djvu pun bisa dibacanya, selain format .docx bahkan .xlsx. Cuma ya gitu, saya “maruk”, pengen juga ada e-reader yang bisa baca .mobi. Makanya naksir kindle white paper😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s