Di daerah pedesaan di sekitar Gunung Gede


Libur panjang lebaran tahun ini saya habiskan di desa kelahiran, di daerah Cianjur Jawa Barat. Selain silaturahmi dengan orang tua juga ingin mengenalkan “pahlawan-pahlawan kecil” saya untuk mengenal dan menikmati lingkungan desa yang masih asri.

Area pesawahan padi masih cukup luas di desa tempat kelahiran dan hampir sebagian besar profesi masyarakat adalah bertani. Walaupun seiring dengan berlalunya jaman kelihatannya profesi petani ini bukan profesi yang menjadi favorit generasi muda. Mereka lebih tertarik bekerja dikota besar ataupun menjadi TKI/ TKW ke Negara Timur Tengah.

Padahal jika dilihat lebih detail profesi petani adalah profesi mulia, bekerja keras mengolah tanah untuk menyediakan bahan makanan (beras) yang sehat dan baik (thayyib). Sungguh suatu profesi yang sangat mulia karena manfaatnya akan dirasakan oleh banyak masyarakat lainnya. Dimana ketahanan pangan suatu bangsa adalah suatu hal yang strategis. Sehingga idealnya dalam skala nasional diperlukan suatu upaya pembangunan yang merata dan berkesinambungan yang bertujuan membangun ketahanan pangan nasioanal. Dalam hal ini termasuk juga membangun sektor pertanian dan para petani sebagai para pelaku ekonomi agar kuat, produktif dan sejahtera.

Berikut beberapa hasil jepretan keindahan area pesawahan di daerah pedesaan di Cianjur Jawa Barat.

20140803-110752.jpg20140803-111412.jpg20140803-111612.jpg

20140803-112130.jpg

20140803-112429.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s