Seduh Kopi Manual dengan Hario Dripper V60


Gara-gara membaca artikel “business insider” tentang Blue Bottle Coffee serta the third wave of coffeeshop saya jadi tertarik dengan slow brewing. Cara penyeduhan kopi secara manual yang menjadi “intisari” third wave coffee culture.

Beragam cara penyeduhan kopi manual dapat dilakukan. Salah satunya adalah pour over coffee brew. Dengan menggunakan alat semacam corong pisah dilengkapi kertas filter yang sesuai kita dapat melakukan cara penyeduhan kopi yang unik. Memang ribet dan tidak praktis, lebih repot ketimbang menyeduh kopi dengan french press sekalipun 😁. Tapi ya itu ada suatu keasyikan tersendiri saat melakukan proses seduh kopi ini. Mulai dari memasang kertas saring, menyeduh air, menempatkan bubuk kopi dan menuangkan air panas secara perlahan. Dan melihat tetes demi tetes cairan hitam pekat menetes melewati kertas saring menuju gelas…siap untuk dinikmati slurrrp.

Saat mencoba pour over coffee brew ini saya menggunakan Hario Dripper V60 dengan menggunakan Kopi Wamena 😊.

IMG_5357-0.JPG

5 thoughts on “Seduh Kopi Manual dengan Hario Dripper V60

  1. Ternyata kopi yang di french press beda rasanya dibanding dg dripper. Menurut saya lebih enak yang di dripper karena ga pahit. Padahal gilingannya kasar ( standar french press ). Saya pake starbucks ground coffee Dark Espresso Roast.

    1. Iya betul, dengan cara dripper kopi terasa tidak terlalu pahit, bahkan bisa diatur agat kopi lebih terasa light 😊…

      Kalau french press hasilnya terasa lebih bold,

      1. Saya masih newbie jugaπŸ™‚, paling dengan mengatur takaran kopi yang diseduh dan ukuran “coarse” kopi yang diseduhnya, hanya trial error .. Rasa yang dihasilkan jadi berbeda mulai dari hasil seduh kopi dengan body yang kuat sampai kopi dengan body yang “mild”πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s