Kopi Aroma Van Bandoeng


IMG_6338-1.JPG
Pengalaman yang sangat unik saat ikut dalam antrian untuk membeli kopi di sudut Jln Banceuy 51 Bandung. Kopi Aroma Bandung ini ternyata masih tetap bertahan melayani pelanggan yang setia, para penikmat kopi yang sudah ter-attach dengan kopi aroma ini.

Walaupun secara proses bisnis Kopi Aroma bukan sebuah coffee shop, jadi tidak menyediakan minuman kopi yang siap minum tapi hanya menjual biji-biji kopi Arabica dan Robusta yang sudah dipanggang. Kalau istilah bekennya mungkin Kopi Aroma ini masih “first wave coffee business” karena hanya mengkhususkan menjual biji kopi saja.

Mirip dengan Starbucks di tahun 80-an yang hanya menjual biji-biji kopi yang telah dipanggang, sebelum akhirnya oleh Howard Schultz diubah konsepnya menjadi coffee shop yang mengglobal.

Kopi Aroma Bandung ini walaupun mungkin terlihat djadoel dan tetap konsisten dengan kedjadoelannya ternyata secara bisnis mampu bertahan melintasi jaman. Masih menggunakan proses manual, peralatan roasting yang masih cara tempo doeloe, kemasan yang minimalis, cara pemasaran dari mulut ke mulut. Biji kopi di gudangnya masih disimpan selama beberapa tahun tapi tidak menggunakan sistem ERP ( berarti mantapp juga sistem supply chain managementnya).

IMG_6356.JPG
Dengan segala keunikannya tersebut Kopi Aroma masih tetap eksis di Kota Kembang menyajikan biji kopi nusantara yang ternyata banyak penggemarnya (termasuk saya :D) . Bertahan ditengah persaingan bisnis kopi yang makin berkembang, di era “third wave coffee business” yang lebih bersifat specialty coffee shop & manual brewing.

Kopi Aroma walaupun mungkin secara skala pertumbuhan bisnis tidak banyak berubah wajahnya sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, tapi tetap konsisten menjaga citra awalnya “kopi berkualitas dengan harga terjangkau”. Dan kekonsistenan ini mampu mendongkrak Kopi Aroma menjadi salah satu “icon” Kota Bandung. Para wisatawan termasuk para turis asing sudah cukup mengenal Kopi Aroma ini sebagai produk yang unik.

Dengan DNA Bisnis dengan gaya “vintage” Kopi Aroma menjadi bisnis kopi yang memiliki “niche market” yang cukup loyal dan “sustain” secara bisnis.

Every single coffee bean has been devine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s