Buku “How Google Works”


IMG_6665.JPG
Buku yang “renyah” yang ditulis oleh Oom Eric Schmidt ini sangat menarik, mengupas Google dan “dapurnya” dari sudut pandang dirinya sebagai “Googler” orang dalam Google. Oom Eric ini adalah seorang engineer kampiun Silicon Valley yang pernah menjadi CEO Google saat awal berdiri.

Siapa pengguna yang tidak kenal dengan Google? bermula dari project iseng Bang Sergey Brin & Bang Larry Page untuk membuat mesin pencari yang memuaskan akhirnya bertransformasi menjadi entitas teknologi dan bisnis yang sangat berpengaruh.

Dalam bukunya Oom Eric Schmidt banyak mengupas budaya Google yang unik, kultur yang unik, semangat kolaborasi dan “passion” kolektif yang digabung dengan para “geek” yang briliant mencoba untuk membuat sesuatu yang lebih baik.

Produk-produk Google berderet mulai yang berhasil seperti Google search engine, Android OS, Chrome, AdWords sampai yang futuristik seperti Google Glass. Dan cerita perjalanan Google ini juga tidak lepas dari produk-produk Google yang “gagal” : Orkut, Wave sampai Google+.

Walaupun secara bisnis Google tidak selalu berhasil dalam lingkungan bisnis teknologi yang keras dan dinamis. Tapi kiprah Google menorehkan hasil yang tidak bisa diremehkan. Kegagalan-kegagalan Google pada beberapa produknya merupakan konsekuensi pekerjaan yang besar.

Budaya Google yang egaliter serta para “googlers” yang haus achievement sepertinya jadi bahan bakar Google tetap tumbuh menjadi maverick teknologi.

Dalam buku How Google Works dapat disimpulkan resep sukses Google dalam mengelola organisasinya adalah:
= budaya egaliter+rekrut orang-orang berbakat yang tepat+ekosistem kerja yang sehat

hasilnya output yang “extraordinary”.

Buku yang sangat menarik dibaca terutama bagi para technology enthusiast atau pengelola SDM.

(Bandung, 22 Nov’14 sambil menyeruput Kopi Aceh Gayo 😊)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s