Kota Bandung & Third Wave Coffee Generation


Kopi yang merupakan komoditas yang paling banyak diperjual belikan setelah minyak bumi telah bertransformasi menjadi komoditas yang unik dan spesifik.

Kopi ternyata telah berkembang menjadi komoditas khusus, dimana jenis asal biji kopi dan kualitas biji kopi menjadi standar ukuran. Sekarang para penggemar kopi sudah cukup mengenal dan memilih biji kopi dari tempat tertentu misalkan kopi dari biji kopi yang ditanam di daerah Aceh, Toraja, Madhailing, Malabar-Jawa Barat, Wamena atau dari biji kopi yang ditanam di daerah Bajawa Flores. Dan kopi dari biji kopi spesifik ini memiliki keunikan baik dari aroma dan rasa.

Jenis kopi ini biasanya diseduh dengan cara seduh manual (manual coffee brewing) yang menawarkan pengalaman menikmati kopi yang berbeda 😊.

Penggemar kopi jenis ini ada sebagai “niche market”, bukan segmen market yang besar tapi cukup significant untuk membuat bisnis “specialty coffee” atau “artisan coffee” tumbuh berkembang.

Para penikmat kopi fanatik menyebut fenomena ini sebagai “third wave coffee”. Ibaratnya fashion maka bisa dibilang kopi seperti ini adalah “butique kopi” atau “couture coffee”.

Fenomena maraknya penyajian kopi ala third wave ini membentang mulai dari San Fransisco, Portland, London, Melbourne sampai Kota Kembang Bandung.

Nusantara dengan potensi sumber biji-biji kopi terbaik dunia ditambah kreatifitas para insan pencinta kopi dapat menempatkan Indonesia sebagai sentra utama “third wave coffee movement”.

Secara ekonomi dapat menggerakkan roda ekonomi lokal mulai dari para petani kopi, pengolah kopi (micro coffee roaster), artisan coffeeshop serta menambah value wisata budaya dan wisata berbasis “experience” daerah setempat.

Khusus di Bandung, banyak marak bermunculan coffee shop dengan ragam pengalaman yang mereka tawarkan.

Ragam biji Kopi Nusantara yang diseduh manual bahkan terdapat sentra “micro roasting” biji kopi, untuk dapat menyajikan biji Kopi Nusantara terbaik untuk para penikmat biji kopi.

“Passion” kopi Kota Bandung tidak kalah dengan semangat yang ada di Blue Bottle Coffee atau Stumptown Coffee Roaster yang sedang nge-hype.

Yes Indeed, Every Single Coffee Bean Has Been Devine

IMG_6806.JPG

IMG_6819.JPG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s