Memasang Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex, Pengalaman Newbie Linux’er


Dua hari kemarin saya mendapatkan CD Ubuntu 8.10 desktop edition (Gnome Desktop). Setelah sebelumnya daftar di shipit.ubuntu.com dalam jangka waktu sekitar 2 minggu datanglah CD Linux nya. Betul-betul nyaris gratis kecuali hanya bayar ongkos kirim ke bapak pos Rp.7000-. Paket Ubuntu yang dikirimkan terdiri atas satu buah CD desktop edition dengan stiker “Ubuntu Linux For Human Being”. Salut untuk pihak Ubuntu yang memiliki sistem distribusi dan pemaketan yang professional untuk sebuah OS yang cuma-cuma (Open Source).

Sebelumnya dalam notebook saya telah terpasang Ubuntu Ultimate Edition (kelihatannya turunan dari Ubuntu 7.04 Fetsy Fawn) tapi masih belum puas, tampilan resolusinya tidak bisa tinggi, mungkin perlu driver tambahan.

Dalam paketnya terdapat informasi Ubuntu 8.10 ini dapat diinstall dengan spek hardware minimum RAM 256 MB dan volume disk 4 GB, cukup irit 🙂 .Untuk melakukan instalasi Ubuntu 8.10 ditandemkan dengan Windows, dapat dilakukan secara “Install inside windows” atau booting CD Ubuntu. Instalasi yang saya lakukan dengan cara booting dari CD, melakukan partisi untuk Linux dalam hard disk. Instalasi cukup mudah kurang lebih terdiri atas 7 langkah. Spesifikasi notebook yang saya gunakan adalah RAM 1GB, Hard Disk 80 GB dengan prosesor AMD Sempron Mobile, VGA ATI Radeon Xpress. Hard ware langsung terdeteksi dengan baik oleh Ubuntu 8.10. Wireless card, VGA Card (sebelumnya saya sempat bermasalah saat menginstall Ubuntu 8.04).

Dan la voilla Ubuntu 8.10 aka Intrepid Ibex berhasil saya install.

screenshot

Dalam OS-nya Ubuntu telah memasukkan paket aplikasi office, multimedia, Internet, game dan grafik. Untuk keperluan office Ubuntu telah menyertakan Open Office 2.4 yang kompatible dengan Microsoft Office (jika anda bekerja dengan menggunakan Microsoft Office dapat dibuka di Open Office baik itu Word, Excell, Power Points begitu pula sebaliknya). Untuk aplikasi pembuka file .pdf tersedia E viewer (tapi jika kurang puas dapat juga menginstall Adobe Reader for Linux, gratis🙂 ). Pidgin disediakan Ubuntu sebagai aplikasi chatting yang simple tapi powerful. Browser Modzilla Fire Fox terpasang sebagai browser bawaan (kita dapat memasang jenis yang lain, ada Epiphany, Opera atau Lynx). Untuk keperluan pengeditan gambar terdapat aplikasi GIMP (katanya bagus walaupun saya belum coba gunakan ….). Cuma untuk pemutar mp3 dan multimedia lainnya harus memasang codec yang khusus agar aplikasi yang ada dapat berjalan (dalam paket Ubuntu sudah tersedia Amarok dan Rythim Music Player). Codec tersebut dapat kita install secara terpisah melalui internet.

Secara umum aplikasi-aplikasi yang telah terpasang dalam paket Ubuntu ini cukup untuk kegiatan sehari-hari. Tapi jika dirasa belum lengkap banyak aplikasi-aplikasi Ubuntu yang dapat diunduh secara gratis. Untuk mengunduh aplikasi-aplikasi untuk Ubuntu pastikan komputer anda yang telah terpasang ubuntu memiliki akses internet. Selanjutnya ada beberapa cara untuk menginstall aplikasi bisa melalui fasilitas “Add Remove Program”, “Synaptic Package Manager”(System-Administrator) atau dapat juga melalui terminal dengan command line.

Aplikasi-aplikasi Ubuntu yang tersedia tidak kalah mantap dibandingkan aplikasi untuk platform Windows. Saya sendiri sangat tertarik dengan paket-paket aplikasi game dan edukasi yang menarik untuk  bisa dijadikan media belajar.Terdapat aplikasi Kalzium untuk tabel periodik yang cukup lengkap. Tak lupa ada aplikasi Celestial untuk memvisualisasikan tatanan tata surya….sangat menarik.


Tertarik coba ? Silakan registrasi saja di https://shipit.ubuntu.com untuk mendapatkan CD Ubuntu. Bagi saya OS ini sangat layak untuk dicoba. Jika ada kendala silakan Googling atau masuk kedalam forum Ubuntu. Selain itu di situs Ubuntu tersedia informasi dan tutorial yang cukup lengkap.

Dengan maraknya pengembangan program-program Open Source sebetulnya para pengguna diberikan alternatif untuk menggunakan program-program yang berguna dengan harga murah bahkan gratis. Sehingga terbebas dari isu-isu masalah pelanggaran hak cipta. Dalam dunia komputer tidak selamanya yang murah dan gratis berkualitas jelek. Dan pengembangan Linux pun merupakan bagian dari “gerakan pengembangan global” Open Source.

Selamat mencoba & Welcome to The Open Source World🙂

2 thoughts on “Memasang Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex, Pengalaman Newbie Linux’er

  1. Dear kak wage, Thanks yah dah mampir ke blog ku…rasanya kaya di asistenin KF lagi sama kak wage hehehe…

    eniwei, aku barusan baca2 tulisan di blognya kak wage….wah aku tertarik banget sama aplikasi celestial yang dicritain kak wage, dimana yah aku bisa dapet?

  2. makasih sudah mampir silaturahim,
    jadi sedikit bernostalgia….

    tertarik Celestia…? klo gak salah sya punya installer buat windows insyllh nanti saya kirm via e-mail ya…

    Salam buat keluarga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s