Fractal

catatan kecil

Salahudin Al Ayubi “Singa Padang Pasir”


Salahudin Al Ayubi atau sering juga di sebut sebagai “Saladin” di dunia barat, merupakan panglima perang Muslim yang dikagumi kepiawaian berperang serta keshalihannya baik kepada kawan dan lawan-lawannya. Keberanian dan kepahlawanannya tercatat sejarah di kancah perang salib.

Juli 1192 sepasukan muslim dalam perang salib menyerang tenda-tenda pasukan salib diluar benteng kota Jaffa, termasuk didalamnya ada tenda Raja Inggris, Richard I. Raja Richard pun menyongsong serangan pasukan muslim dengan berjalan kaki bersama para prajuritnya. Perbandingan pasukan muslim dengan Kristen adalah 4:1. Salahudin Al Ayubi yang melihat Richard dalam kondisi seperti itu berkata kepada saudaranya : ” Bagaimana mungkin seorang raja berjalan kaki bersama prajuritnya? Pergilah ambil kuda arab ini dan berikan kepadanya, seorang laki-laki sehebat dia tidak seharusnya berada di tempat ini dengan berjalan kaki “. Fragmen diatas dicatat sebagai salah satu karakter yang pemurah dari Salahudin, bahkan kepada musuhnya sekalipun. Walalupun sedang diatas angin tetap berlaku adil dan menghormati lawan-lawannya.

Sejarah Hidup Salahudin

Salahudin lahir disebuah kastil di Takreet tepi sungai Tigris (daerah Irak) tahun 1137 Masehi atau 532 Hijriyah. Bernama asli Salah al-Din Yusuf bin Ayub. Ayahnya Najm ad-Din masih keturunan suku Kurdi dan menjadi pengelola kastil itu. Setelah kelahiran Salahudin keluarga Najm-ad-Din bertolak ke Mosul, akibat ada konflik didalam kastil. Di Mosul , keluarga Najm bertemu dan membantu Zangi, seorang penguasa arab yang mencoba menyatukan daerah-daerah muslim yang terpecah menjadi beberapa kerajaan seperti Suriah, Antiokhia, Aleppo, Tripoli, Horns, Yarussalem, Damaskus.

Zangi berhasil menguasai Suriah selanjutnya Zangi bersiap untuk menghadapi serbuan tentara Salib dari Eropa yang telah mulai memasuki Palestina. Zangi bersama saudaranya; Nuruddin menjadi mentor bagi Salahudin kecil yang mulai tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga ksatria. Dari kecil sudah mulai terlihat karakter kuat Salahudin yang rendah hati, santu serta penuh belas kasih. Zangi meninggal digantikan Nuruddin. Paman Salahudin, Shirkuh kemudian ditunjuk untuk menaklukan Mesir yang saat itu sedang dikuasai dinasti Fatimiyah. Setelah penyerangan kelima kali, tahun 1189 Mesir dapat dikuasai.  Shirkuh kemudian meninggal. Selanjutnya Salahudin diangkat oleh Nuruddin menjadi pengganti Shirkuh.

Salahudin yang masih muda dan dinggap “hijau” ternyata mampu melakukan mobilisasi dan reorganisasi pasukan dan perekonomian di Mesir, terutama untuk menghadapi kemungkinan serbuan balatentara Salib. Berkali-kali serangan pasukan Salib ke Mesir dapat Salahudin patahkan. Akan tetapi keberhasilan Salahudin dalam memimpin mesir mengakibatkan Nuruddin merasa khawatir tersaingi. Akibatnya hubungan mereka memburuk. Tahun 1175 Nuruddin mengirimkan pasukan untuk menaklukan Mesir. Tetapi Nuruddin meninggal saat armadanya sedang dalam perjalanan. Akhirnya penyerangan dibatalkan. Tampuk kekuasaan diserahkan kepada putranya yang masih sangat muda. Salahudin berangkat ke Damaskus untuk mengucapkan bela sungkawa. Kedatangannya  banyak disambut dan  dielu-elukan. Salahudin yang santun berniat untuk menyerahkan kekuasaan kepada raja yang baru dan masih belia ini. Pada tahun itu juga raja muda ini sakit dan meninggal. Posisinya digantikan oleh Salahudin yang diangkat menjadi pemimpin kekhalifahan Suriah dan Mesir.

Salahudin dan Perang Salib

Saat Salahudin berkuasa, perang salib sedang berjalan dalam fase kedua dengan dikuasainya Yerussalem oleh pasukan Salib. Namun pasukan Salib tidak mampu menaklukan Damaskus dan Kairo. Saat itu terjadi gencatan senjata antara Salahudin dengan Raja Yerussalem dari pasukan Salib, Guy de Lusignan.

Perang salib yang disebut-sebut sebagai fase ketiga dipicu oleh penyerangan pasukan Salib terhadap rombongan peziarah muslim dari Damaskus. Penyerangan ini dipimpin oleh Reginald de Chattilon penguasa kastil di Kerak yang merupakan bagian dari Kerajaan Yerussalem. Seluruh rombongan kafilah ini dibantai termasuk saudara perempuan Salahudin. Insiden ini menghancurkan kesepakatan gencatan senjata antara Damaskus dan Yerussalem. Maret 1187 setelah bulan suci Ramadhan, Salahudin menyerukan Jihad Qittal. Pasukan muslimin bergerak menaklukan benteng-benteng pasukan Salib. Puncak kegemilangan Salahudin terjadi di Perang Hattin.

Perang Hattin terjadi di bulan Juli yang kering. Pasukan muslim dengan jumlah 25000 orang mengepung tentara salib didaerah Hattin yang menyerupai tanduk. Pasukan muslim terdiri atas 12000 orang pasukan berkuda (kavaleri) sisanya adalah pasukan jalan kaki (infanteri). Kavaleri pasukan muslim menunggangi kuda yaman yang gesit dengan pakaian dari katun ringan (kazaghand) untuk meminimalisir panas terik di padang pasir. Mereka terorganisir dengan baik, berkomunikasi dengan bahasa arab. Pasukan dibagi menjadi beberapa skuadron kecil dengan menggunakan taktik hit and run.

Pasukan salib terdiri atas tiga bagian. Bagian depan pasukan adalah pasukan Hospitaler, bagian tengah adalah batalyon kerajaan yang dipimpin Guy de Lusignan yang juga membawa Salib besar sebagai lambang kerajaan. Bagian belakang adalah pasukan ordo Knight Templar yang dipimpin Balian dari Ibelin. Bahasa yang mereka gunakan bercampur antara bahasa Inggris, Perancis dan beberapa bahasa eropa lainnya. Seperti umumnya tentara Eropa mereka menggunakan baju zirah dari besi yang berat, yang sebetulnya tidak cocok digunakan di perang padang pasir.

Salahudin  memanfaatkan celah-celah ini. Malam harinya pasukan muslimin membakar rumput kering disekeliling pasukan Salib yang sudah sangat kepanasan dan kehausan. Besok paginya Salahudin membagikan anak panah tambahan pada pasukan kavalerinya untuk membabat habis kuda tunggangan musuh. Tanpa kuda dan payah kepanasan, pasukan salib menjadi jauh berkurang kekuatannya. Saat peperangan berlangsung dengan kondisi suhu yang panas hampir semua pasukan salib tewas. Raja Yerussalem Guy de Lusignan berhasil ditawan sedangkan Reginald de Chattilon yang pernah membantai khalifah kaum muslimin langsung dipancung. Kepada Raja Guy, Salahudin memperlakukan dengan baik dan dibebaskan dengan tebusan beberapa tahun kemudian.

Menuju Yerussalem

Dari Hattin, Salahudin bergerak menuju kota-kota Acre, Beirut dan Sidon untuk dibebaskan. Selanjutnya Salahudin bergerak menuju Yerussalem. Dalam pembebasan kota-kota ataupun benteng Salahudin selalu mengutamakan jalur diplomasi dan penyerahan daripada langsung melakukan penyerbuan militer. Pasukan Salahudin mengepung Kota Yerussalem , pasukan salib di Yerussalem dipimpin oleh Balian dari Obelin. Empat hari kemudian Salahudin menerima penawaran menyerah dari Balian. Yerussalem diserahkan ketangan kaum muslimin. Salahuddin menjamin kebebasan dan keamanan kaum Kristen dan Yahudi. Fragmen ini di abadikan  dalam film “Kingdom Of Heaven” besutan sutradara Ridley Scott. Tanggal 27 Rajab 583 Hijriyah atau bertepatan dengan Isra Mi’raj Rasulullah SAW, Salahudin memasuki kota Yerussalem.

 

Ada suatu percakapan dalam film Kingdom Of Heaven yang menarik bagi penulis, yang kurang lebih seperti ini :

Balian : ”Saya serahkan kunci kota Yerussalem kepada anda, tapi anda harus dapat bisa menjamin keselamatan kami, orang-orang non-muslim”

Salahudin: ”Saya akan jamin keselamatan anda”

Balian : ” Apa yang dapat menjamin kami bahwa anda akan menepati janji anda ?” (Balian masih ingat saat-saat Yerussalem jatuh ke tangan pasukan Salib, banyak penduduk sipil muslim yang dibantai sampai kota Yerussalem sesak oleh mayat, dan Balian khawatir Salahudin melakukan hal yang sama )

Salahudin : ” (diam sejenak..menatap tajam Balian) Saya akan menepati janji, Insya Allah ..saya adalah Salahudin saya bukan seperti orang-orang anda”. 

…………………………………………………………

Di Yerussalem, Salahudin kembali menampilkan kebijakan dan sikap yang adil sebagai pemimpin yang shalih. Mesjid Al-Aqsa dan Mesjid Umar bin Khattab dibersihkan tetapi untuk Gereja Makam Suci tetap dibuka serta umat Kristiani diberikan kebebasan untuk beribadah didalamnya. Salahudin berkata :” Muslim yang baik harus memuliakan tempat ibadah agama lain”. Sangat kontras dengan yang dilakukan para pasukan Salib di awal penaklukan kota Yerussalem (awal perang salib), sejarah mencatat kota Yerussalem digenangi darah dan mayat dari penduduk muslimin yang dibantai. Sikap Salahudin yang pemaaf dan murah hati disertai ketegasan adalah contoh kebaikan bagi seluruh alam yang diperintahkan ajaran Islam.

Salahudin Al-Ayubi tidak tinggal di istana megah. Ia justru tinggal di mesjid kecil bernama Al-Khanagah di Dolorossa. Ruangan yang dimilikinya luasnya hanya bisa menampung kurang dari 6 orang.Walaupun  sebagai raja besar dan pemenang perang, Salahudin sangat menjunjung tinggi kesederhanaan dan menjauhi kemewahan serta korupsi.

Salahudin berhasil mempertahankan Yerussalem dari serangan musuh besarnya Richard The Lion Heart, Raja Inggris. Richard menyerang dan mengepung Yerussalem Desember 1191 dan Juli 1192. Namun penyerangan-penyerangannya dapat digagalkan oleh Salahudin. Kepada musuhnya pun Salahudin berlaku penuh murah hati. Saat Richard sakit dan terluka, Salahudin menghentikan pertempuran serta mengirimkan hadiah serta tim pengobatan kepada Richard. Richard pun kembali ke Inggris tanpa berhasil mengalahkan Salahudin.

Sepanjang sejarah Yerussalem sebagai kota suci bagi tiga agama, sejak ditaklukan Salahudin, Yerussalem belum pernah jatuh ketangan pihak lain. Baru setelah Perang Dunia I, Yerussalem jatuh ketangan Inggris yang kemudian diserahkan ke tangan Israel.

Semasa hidupnya Salahudin lebih banyak tinggal di barak militer bersama para prajuritnya dibandingkan hidup dalam lingkungan istana. Salahudin wafat 4 Maret 1193 di Damaskus. Para pengurus jenazah sempat terkaget-kaget karena ternyata Salahudin  tidak memiliki harta. Ia hanya memiliki selembar kain kafan yang selalu di bawanya dalam setiap perjalanan dan uang senilai 66 dirham nasirian (mata uang Suriah waktu itu).

Sampai sekarang Salahudin Al-Ayubi tetap dikenang sebagai pahlawan besar yang penuh sikap murah hati.

Disadur dari GREAT COMMANDERS OF THE BATTLE FIELDS

 

110 comments on “Salahudin Al Ayubi “Singa Padang Pasir”

  1. Nailul
    October 12, 2008

    Saya tertarik dengan topinya Pak Shalahudin. Jenis topi dari negeri manakah yang sering kelihatan dipakai di gambar-gambar beliau itu? Mohon infonya dung Ustadz Wage.

    Btw kedahsyatan hantaman bola-bola mesiu catapult tentara Shalahudin tampak jelas di film pembebasan Yerusalem itu.

    Nice writting Ustadz Wage! Top dah!

  2. Nailul
    October 23, 2008

    Pak ustadz kok gambarnya diganti, jadi topi Pak Shalahudin yang menarik itu gak ada lagi.

    Btw kasih juga dong gambar Battering-Ram, kendaraan perang yang dipergunakan tentara Shalahudin menembus benteng Kota Al Quds (Yerussalem).

  3. hendri
    October 24, 2008

    nilai- nilai luhur yang diterapkan salahudin al ayubi harus kita teladani. sifat murah hati kepada kawan dan lawan harus kita tiru begitu juga kesalehan dan kesederhanaannya.

  4. darmawan
    October 25, 2008

    Assalamualaikumwrwb..
    Saya kagum sekali…..
    harus kita tiru……..
    sangat sulit mencari orang seperti itu di jaman kita sekarang……
    Wassalamualaikumwrwb…

  5. achie
    November 2, 2008

    andai pemimpin bangsa ini seperti beliau…
    mungkin negara kita bukan negara yang selalu takut sama amerika dan inggris….

    tapi sebaliknya…

    • didin hartono
      September 21, 2009

      jangankan sama amerika sama malaysia aja takut ,dirampas pulau2nya pemerintah cuma plonga plongo ae

    • hunar
      April 15, 2014

      he was not an arab he was a kurd

  6. aNANDA rAMA
    November 14, 2008

    ASSLMMUALAIKUM….
    SUNGGUH beSAr daN Maha kuasanya ALLAH S.W.T

    Dengan dijadikan-Nya SEorang pemimpin, pejuang, Ksatrie seperti SALAHUDIN…

    mEMANg Pantas Ia dijuluki Singa Padang Pasir…

    wass..

  7. aNANDA rAMA
    November 14, 2008

    andaikan YERUSSALEM dapat kita rebut lagy dari tangan
    zionis KEPARAT……!!!!

  8. helmiy
    December 14, 2008

    saya kagum dengan salahudin karena dia sosok yang pemaaf,adil dan bijaksana.semoga amalnya di terima di sisi ALLAH.IMAM MAHDI akan datang dan membebaskan yerssalem dari tangan zionis yahudi.

    • anonym
      August 25, 2013

      amin!!

  9. bukhori
    December 24, 2008

    well done… tumbuhkan semangat laskar salahudin

  10. wagenugraha
    December 25, 2008

    @bukhori ….
    semangat dan militansi Salahudin memang layak kita jadikan contoh

    salam kenal

  11. sandi wasmana
    January 27, 2009

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Subhanallah, benar2 seorang figur yg luar biasa, cool..
    Seorang pemimpin yg tetap tawadhu walau memiliki kekuasaan..Subhanallah…

  12. mesterup
    February 6, 2009

    sy terharu dengan seorang pejuang salahudin ini bermakna besar untuk membangun mental sebagaimana salahudin untuk calan2 pemimpin kita

  13. ihsan
    February 13, 2009

    terimakasih atas tulisannya ini lho…!terutama bagi guru-guru SKI yang mempelajari tentang sejarah islam, jangan lupa n sering-sering dibaca

  14. wildan89
    February 20, 2009

    Benar2 pemimpin yang sempurna di zamannya.seandainya lahir pemimpin seperti itu di zaman sekarang

  15. salahudin
    March 15, 2009

    SAYA BANGGA karena ayah saya memberikan nama SAMA dengan pahlawan islam tp sy sedih sampai skrg suku kurdi msh blm jelas nasibnya..

    • yahya
      November 23, 2012

      Idiiihhhhh…..ga mecing

  16. aryp dimejo
    March 19, 2009

    I love Salahuddin

  17. Dudy Singadilaga
    March 21, 2009

    Untuk mewujudkan generasi setara dengan pasukan Imam Shalahudin rahimahullah, kita harus luruskan pemahaman dan amalan kita tentang TAUHID – SYARIAT – JIHAD. Insya Allah semangat ini semakin hari semakin ma’mur /ramai diantara para Mujahidin di Iraq, Afghanistan, Palestina, Somalia, Chechnya, dsb.

  18. Doni_sabumi@yahoo.co.id
    April 7, 2009

    The great person!!!

  19. Aboe Naifah
    April 16, 2009

    Allahu Akbar..10x.. Sudah saatnya Saladin kembali untuk merebut Yerrusalem dari tangan Zionis Iblis.. kembali kepada Khalifah seperti zaman Rasul. SAW.. Ihdinnasiratall mustaqim..

  20. yacob
    April 23, 2009

    saya juga udah nont film nya,,tapi cerita tentang balian berlebihan ,

    • yahya
      November 23, 2012

      Ga juga…balian itulah yang harus dicontoh…

      • edhelwina
        March 4, 2013

        Karena pilemnya orang bule, maka sebaik2nya islam digambarkan, tetep aja jagoannya dari kalangan mereka juga….tapi, over all lumayan kok…layak tonton.

  21. Rendra.F.Rolantino
    May 5, 2009

    Pertama kali mengetahui nama Salahudin Al-Ayubbi adalah dari game Strategi yang Berjudul CRUSADER, tapi disini kita berperan sebagai salah satu dari pasukan koalisi tentara salib,. Tapi jika dalam satu Frame di mana saya berhadapan dengan Salahudin “The Wise” benar-benar sebuah permainan yang menegangkan nan panjang, kadang saya bisa mengalahkan Salahudin “The Wise” dalam tempo waktu 1 minggu//

    • endruw
      May 27, 2011

      alahudin kalau sudah dekat tambang batu dan tambang besi,dia jd lebih kuat…
      btw,tolong minta cheat stronghold crusader donk

  22. Anwar Ashari
    May 11, 2009

    Salam buat penulis Islami. Dari penulis buku 40 Hari Di Tanah Suci.

  23. fajar
    May 14, 2009

    saya sangat tertarik membaca artikel ini..
    karena sy sudah nonton filmnya beberapa jali..
    mohon diperbanyak artikel tentang sejarah islam

  24. wagenugraha
    May 14, 2009

    @pAnwar & pFajar

    terimakasih sudah mampir…Insya Allah

  25. anis fuad hasan BR
    May 18, 2009

    Subhanallah….
    Maha Tahu Allah atas segala hal yang diperbuat hambanya, sejak Nabi pertama, Adam Alaihi Salam. Sampai Nabi Pemberi Syafaat atas seluruh umat yang meyakini Sang Pencipta hingga akhir hayatnya, Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam.
    Sungguh luar biasa, puji syukur diri Panjatkan Kehadirat Ilahi Robby atas ciptaan_Nya yang semoga menjadi inspirator dan motivator perjuangan kita menuju Mardhotillah wa fi sabilillah. amin
    semoga beliau terkaruniai syurga firdaus atas apa yang telah beliau dedikasikan.
    Terlahirlah wahai Ibnu ayyub sang pengelana gurun penerus pedang jihad…!
    Allahu Akbar…Allahu Akbar Walillahi Hamd

    • wagenugraha
      May 22, 2009

      Assalamualaykum Pak Anis,
      terimakasih silaturahimnya
      & Salam kenal :)

  26. bembie
    May 22, 2009

    salahudin singa padang pasirrr
    dan arn magnuson singa nordic
    bertemu dalam perbedaan keyakinan akan tuhannya
    satu persamaan sikappp
    keduanya menjunjung tinggi kejujurannn
    subhanallah

    • wagenugraha
      May 22, 2009

      dua rival sejati yang berbeda keyakinan, dan masing-masing menyimpan rasa hormat walaupun mereka musuh, truelly gentleman,
      Salam kenal
      terimakasih sudah berkunjung

      Salam

  27. iin
    June 3, 2009

    Trima kasih informasi ttg pahlawan salahudin.. sangat bermanfaat… sosok yg menjadi teladan u kita semua..:)

    • wagenugraha
      June 3, 2009

      @Iin , salam kenal

      terimakasih juga sudah mampir ke blognya,
      semoga kita bisa mengambil teladan dari karakter Salahudin Al Ayubi,

  28. muhammad ridwan
    June 22, 2009

    di suatu saat nanti saya akan membuat pasukan tempur seperti untuk melawan orang kafir seprti masood,osama,ali

  29. aat
    July 25, 2009

    cerita yang mengharukan.sekaligus membanggakan !! seharusnya ini buat cerminan para penguasa.

  30. SASA
    August 10, 2009

    ……..ya aku ingin menjadi eperti Salahudin jika ALLAH MENGHENDAKI DAN MENGIJINKAN aku pasti MEMBANGUN INDONESIA
    AMIN…..
    dan pasti akan kubendung kapitalis global….

  31. zerra
    September 4, 2009

    saya suka sekali dengan kebijak sanaan salahudin Al Ayubi
    bila ada orang di dunia islam seperti dia islam akan berjaya

  32. arief
    September 14, 2009

    assalamualaikum, memang mengagumkan…. banyak yg belom tahu kalo belom baca sejarah lengkapnya tapi berkat bang wage sebagian sejarah tentang seorang pejuang muslim sejati telah menjadi pencerahan bagi saya khususnya dan saudara2 muslim indonesia dan dunia pada umumnya
    terimakasih bang wage

    • wagenugraha
      September 15, 2009

      Waalaykumsalam wr wb,

      terimakasih atas kunjungannya ke blog ini Pak Arief, Jazakalloh

  33. Abdul
    September 23, 2009

    hebat sekali yah

  34. ryan
    October 9, 2009

    subhanallah…… pribadi dengan nilai nilai hidup yang mencerminkan ajaran rasulullah…… bumi ini rindu akan pemimpin yg tulus dan ikhlas dalam nilai nilai islam…….. dan bumi ini rindu akan kemenangan ISLAM……..

  35. ejanmuktapin
    October 16, 2009

    assalamualaikum wr wb, aku sangat terkagum akan sejarah ini semoga siapa saja akan disempatkan untuk membaca artikel ini tang sarat denga sejarah kearipan seorang muslim yang saleh taat juga pemberani menegakkan agama yang di ridoi Alloh swt
    salam kenal ma bang wage

    • wagenugraha
      October 31, 2009

      Waalaykumsalam wr wb, terimakasih kunjungannya Pak Ejan
      semoga lahir kembali salahudin-salahudin baru pejuang umat,

      salam kenal

  36. hery
    October 30, 2009

    Subhanallah, terharu dan bangga membaca kisahnya.Betul 2 pemimpin yg mencerminkan ahlak Rosulullah, kapan yah di negara kita ada pemimpin kayak gini?

    • wagenugraha
      October 31, 2009

      @ pak Hery,

      semoga suatu saat negeri ini juga dipimpin oleh pemimpin yang shalih penjaga umat dalam payung syariat, membebaskan umat dari kefasikan dan kemusyrikan, amin

      salam kenal

  37. daffi
    November 8, 2009

    pemimpin yg mulia dunia akhirat

  38. margono
    November 10, 2009

    semoga shalhudin al ayubi lahir ke dunia kembali….untuk mermimpin mengembalikan tanah palestina yang direbut israel laknatulloh…..Allohuakbar……….

  39. ahmad
    November 29, 2009

    assalamu ‘alaikum ….
    salam kenal …

    sungguh artikel yang sangat menarik.
    sikap seorang pemimpin yang wajib ditiru
    semoga Allah memberikan sedikit sikap tersebut kepada kita semua.

    bagi penulis , saya cuma bisa mendoakan supaya diberikan umur panjang dan sehat wal afiat supaya dapat membuat artikel yang penuh dengan inspirasi seperti ini lagi

    regards

    • wagenugraha
      November 29, 2009

      Waalaykumsalam Wr Wb,

      salam kenal juga Pak Ahmad terimakasih atas kunjungannya

      Amiin, Jazakallah Khoiroon atas doanya Pak
      sama-sama
      semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan serta kesehatan kepada Pak Ahmad juga,

  40. Muhammad Andi
    February 21, 2010

    Sungguh cerita yang menarik, andaikan saja sekarang ada khalifah seperti seorang Shalahuddin……….

  41. devi triana
    June 10, 2010

    lam kenal aja………

    sekarang waktunya melanjutkan cita-cita salahudin………

    mengapa masih diam saja kita melihat kekejaman sang yahudi ta tau diri itu ?????

  42. Angga
    August 15, 2010

    mudah-mudahan ada Generasi yG dpat melanjutkan Perjuangan BELIAU….,, Amien…..!!!!!!!!!!!!!!

  43. wagenugraha
    August 15, 2010

    Amiin Angga,
    mari kita bersama-sama bangkit membuat sebuah perubahan kearah yang lebih baik.

    Terimakasih banyak atas kunjungannya

  44. Pilo
    September 13, 2010

    saya selalu menanti cerita2 seperti ini…

    dan ini bukan sebuah dongeng,,,

    dalam Al Qur’an sendiri memang ada sosok Salahudin Al Ayubi atau lbh populer dengan Kebaratan yg mereka Kristen sebut sebagai seorang “Saladin” di dunia barat.

  45. Zulham
    October 9, 2010

    Allah Maha Besar……
    Semoga kelak Hadir seorang pemimpin di negara kita yg Berkarakter seperti Beliau…!!!

  46. dhimaz ajja
    October 27, 2010

    ASSALAM MUALAIKUM

    ANDAI sultan SHALAHUDIN kembali lahir di dunia
    maka kaum zionis yg dilaknat ALLAH SWT pasti dihancurkan
    AMIN

  47. rahma mailiani
    December 23, 2010

    PEJUANG DAN PEMIMPIN SEJATI, SMOGA AKN LAHIR SALAHUDIN AL AYUBI LAINNYA DI MASA INI. AMIIN

  48. Ryan syah
    February 12, 2011

    Sungguh mngagumkan kisahx’ dri hmpir smua Tokoh2 sejarah Islam smua hdup dlam ksederhanaan, andai para punguasa ngri ni yg dri tngkat ats smpai bwah mneladani hdup dlam ksederhanaan,.. bangsa ini tk kan mnjadi bangsa yg pling korup”dan tntux khdupan rakyat ni akn lebih baik. Smga negri ni akn lhir pemimpin2 seperti Salahuddin yg akn mmbwa ngri ni lebih brmrtabat dan tidak tnduk pda tkanan negeri lain. Amien..

    • wagenugraha
      February 13, 2011

      Amiin, kesederhanaan serta keberanian adalah salah satu karakter pemimpin yang kuat,
      terimakasih mas Ryan atas kunjungannya :)

      salam kenal

  49. parmintiono
    March 5, 2011

    ass_

    numpang nanya donk.
    AL AYUBI artinya apa sih, karena Hati saya selalu bergetar jika mendengar julukan itu,,
    rasanya pas banget di sandang oleh jendral Salahudin

  50. rusbandono
    April 4, 2011

    cerminan pemimpin indonesia yg saya impikan,entah kapan indonesia dipimpin oleh sosok seperti beliau

  51. Dzun nurain
    May 29, 2011

    Subhanallah,jd terpacu utk membaca artikel2 serupa,benar2 menginspirasi.

  52. radit
    June 4, 2011

    inilah pahlawan sejati mati tidak meninggalkan harta

  53. Eddy
    June 13, 2011

    Salahudin memiliki akhlak yang mulia karena mendarah dagingnya firman Allah dan Sunnah Nabi Muhammad SAW didalam hatinya, maka apabila kita ingin mempunyai sifat seperti itu maka harus mengikuti apa yang membuat salahudin berakhlak mulia yaitu Alquran dan Sunnah.

  54. dedtlangreen@yahoo.co.id
    August 11, 2011

    saya sngat kgum dgn salahudin,kalou saya jd presiden indonesia,sya mencotoh salahudin,salahudin hebt,

  55. Delbi Lagisendiri
    August 17, 2011

    baguszz

  56. Muhammad alawi
    August 26, 2011

    ..subhanallah.. begitu mulia beliau, harusnya pemimpin kitapun harus mencontoh sikap & kpribadian sosok Salahudin Al Ayubi pahlawan kita ini, yg sangat dermawan saya pernah mendengar cerita ini sbelumnya, lalu saya membaca kisah ini, ternyata memang benar, terimakasih atas infonya, allahu akbar.

  57. Dui Abdullah Tholabul Ilmi
    September 12, 2011

    maaf ko gada rujukan ini diambil dari buku mana…jadi gak ilmiah kayaknya

  58. Dui Abdullah Tholabul Ilmi
    September 12, 2011

    rujukan kitab ulama….bukan dari barat

  59. vespa gembel
    September 23, 2011

    cheat stronghold crusader game yg aneh….
    masa salahudin agama x kristen….

    seandainya pemimpin kita kaya salahudin….
    insyaallah makmur….

  60. then du'taksiri
    November 2, 2011

    subhanallah

  61. siti saja
    December 15, 2011

    tolong baca buku Kilatan Pedang Tuhan karya Kamran Pasha, sangat bertentangan dengan sosok beliau. Penulis sangat ngawur dan menyesatkan pembaca.

  62. tape
    February 11, 2012

    astoffirulloh

  63. tape dedik
    February 11, 2012

    astoffirulloh lo harus baca buku perang salib salahudin…

  64. tape dedik
    February 11, 2012

    astoffirulloh lo harus baca buku perang salib salahudin…mudamudahan menjadi pemimpin
    yang mulia dunia akhirat,.,…

  65. lani wijaya alwi prabu
    August 28, 2012

    subhanallah , memang islam agama yang diridhoi oleh allah ,
    ingat ada juga muhammad al fatih

  66. aidil-baekkkk
    October 10, 2012

    wow salahudin ini memang bijak dan seorang yang berani kalau begitu saya juga hendak jadi seperti beliau

    • wagenugraha
      October 20, 2012

      Amiin, semoga Allah SWT melimpahkan kebaikan dan kelurusan hati

  67. dwi juliardi
    October 15, 2012

    sosok yang wah dah… salut buat salahudin….

    • wagenugraha
      October 20, 2012

      Terimakasih atas kunjungan & komentarnya,
      Salahudin Al Ayubi memang salah satu potret pemimpin yang berkarakter
      Dan lurus

      • Rifi De Schiifer
        December 9, 2012

        SHALAHUDIN adalah orang yg pemberani,ramah,pemaaf,dan dermawan
        Sampe2 Ia datang Menolong Richart The Lion Heart Ketika Raja Nasrani Sedang sakit Di perkemahan
        SHALAHUDIN YUSUF AL-AYUBi adalah pemimpin yg bijaksana Tdk Korupsi selalu adil
        SIKApnya patut Di contoh Semua Umat MUslim………..?

  68. Pingback: SALAHUDDIN AL-AYUBI « aku dan internet…..

  69. endi gunawan
    December 11, 2012

    Sungguh contoh teladan u/ umat Muslim dunia..Subhanallah…

    • nana
      December 14, 2012

      kalo jaman sekarang sih ga bisa seperti dulu,muslim sekarang kalah canggih persenjataan..memang muslim tidak bisa dikalahkan oleh pedang tapi oleh tekhnologi baru bisa.contohnya.palestina,afganistan,irak..habis di acak2..yg merangin yg bikin senjata,muslim yg diperangin dapet senjata dari yg merangin…ayo umat islam bersatulah jadilah orang yg cerdas hidup jangan sekedar nyari nafkah aja,tai juga harus belajar..ilmu dunia dan akhirat.

      • febrianto
        January 17, 2013

        berarti anda tidak percya ama kekuatan lain…apa anda tidak bisa menyimak kemenangan hamas atas israel???buka mata anda,,israel dengan peralatan senjata tercanggih di dunia, hnya dilawan dengan roket al qassam, itu pun bukan roket yg canggih,,,tapi kekuatan lain itu datang dari ALLAH SWT, atas rahmat-Nya lah gaza selalu menang, dan israel selalu rugi besar…

        Anda telah salah menilai bahwa palestina di acak2 oleh tentara dzalim…salah besar ucapan anda

  70. Pingback: Salahudin Al Ayubi “Singa Padang Pasir” | Naga Jantan

  71. zein muchsin
    January 8, 2013

    subhanallah…adakah di zaman ini.pemimpin besar berhati jujur dan amanah.tak kan kita temui dalam milenium baru,manusia super tetapi tetap membumi( Down to earth) …salahuddin Al Ayyubi rahmatullahu alaihi hendaknya di jadikan bagian dari panutan hidup,dan bukan sekedar sejarah dalam kenangan.semoga

  72. egigustianaputra
    January 9, 2013

    Semoga akan muncul salahudin-salahudin selanjutnya, yg akan membawa keluhuran nilai islam, khususnya dizona kepemimpinan (pemerintahan) sekarang

  73. egigustianaputra
    January 9, 2013

    Reblogged this on .

  74. febrianto
    January 17, 2013

    Contoh yg sangat baik dari pejuang islam…salahudin al ayubi

  75. entap
    March 7, 2013

    allahu akbar…???

  76. joe
    March 13, 2013

    Tiada keagungan selain dariNya.. Subhanallah,
    Tokoh tokoh islam dunia sungguh menggetarkan jiwa..

  77. Williyanto elit
    March 23, 2013

    Sahlut kpd salahudin.

  78. kiwik
    April 29, 2013

    Allahu Akbar…Salahudin pejuang Agama Islam

  79. Tio
    May 4, 2013

    Saladin adalah contoh pemimpin yang baik

  80. Pingback: masyhudulyoungforever

  81. ahmed solahudin
    June 9, 2013

    subhanallah,walhamdulillah,walailahailallah,Allahuakbar….

  82. vhezwad
    June 29, 2013

    Saya tau kisah ini dari filmnya, luar biasa..

  83. bima
    July 6, 2013

    Tahun-tahun yang di tuliskan sepertinya tidak singkron,,mohon admin lihat kembali atau saya yang salah membacanya..

  84. apan
    July 21, 2013

    aku tetep pilih mak bapak ku

  85. fauzan al farisi
    August 19, 2013

    insya allah waktu akan bergulir kembali…. menuju kejayaan islam yang lebih luas.

  86. wandy
    September 9, 2013

    andai saja keturunan nya di skarng ini ada yang seperti beliau . mungkin orang islam akan bebas dari tekanan zionis yahudi . tanpa saladin yahudi sudah punah.
    by wandy

  87. Arif black
    September 23, 2013

    Tokoh muslim

  88. zibonzerenovsky
    September 23, 2013

    benar2 seorang khalifah yg harus di teladani oleh pemimpin2 jaman skarang,yg bisanya tersenyum manis poster2,dan baliho..dan mengumbar janji..

  89. muhadi
    November 1, 2013

    contoh pemimpin luar biasa, seandainya pemimpin bangsa ini punya nilai nilai pribadi salahuddin…., negeri ini pasti makmur dan bebas korupsi…

  90. violafidah
    April 7, 2014

    agama itu milik orang soleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 12, 2008 by in Resensi buku and tagged .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: