Buku “One Click”; kisah toko online Amazon.com dan Jeff Bezos


image

Sambil menunggu jadwal keberangkatan penerbangan beberapa hari yang lalu, saya mampir ke TIME. Akhirnya dapat buku ini; One Click, desain sampulnya cukup minimalis🙂.

Buku One Click ini mengupas profil Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, perusahaan retail online raksasa. Profil Jeff ini mungkin tidak terlalu dikenal tidak seperti Bill Gates ataupun Steve Jobs. Tapi kalau dari sisi inovasi produk Jeff Bezos inipun sosok jenius. Dengan back ground pendidikan Computer Science dan kecerdasannya dalam menangkap peluang, Amazon.com tumbuh menjadi ritel online raksasa.

Dari semula hanya menjual buku secara online, Amazon.com merambah penjualan beragam produk lainnya mulai dari cd music, pakaian serta layanan komputasi awan (cloud computing). Amazon.com juga dinilai berhasil dalam membentuk pangsa pasar e-book reader dan e-book dengan diluncurkannya Kindle, e-book reader yang laris (Amazon.com juga pada akhirnya merilis tablet android juga).

Satu hal lagi Amazon.com selain fokus kepada produk juga fokus kepada layanan pelanggan. Situs Amazon.com yang “user friendly” dan kaya fitur (review produk, saran produk terkait) menjadi toko tempat belanja yang unik. Dengan costumer service Amazon.com yang handal dan pengiriman barang yang kilat menjadikan Amazon.com mampu “menjaring” banyak pelanggan loyal.

Jeff Bezos, Amazon.com dengan “teknologi one-click” dinilai mampu melakukan “quantum leap” mengenai cara bisnis retail modern. Dengan menggabungkan teknologi internet, layanan pelanggan dan sistem suplai yang sangat efisien.

2 thoughts on “Buku “One Click”; kisah toko online Amazon.com dan Jeff Bezos

    1. 🙂 waktos di Changi kang, bade mulih ka Indonesia

      Buku na bahasa inggris mung lumayan raoseun penyajianana,

      Haturnuhun Kang Oki tos amengan ka blog fractal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s